IPB University Jadi Tuan Rumah Pelatnas International Olympiad in Informatics 2023

Minggu, 28 Mei 2023 - 07:20 WIB
loading...
IPB University Jadi Tuan Rumah Pelatnas International Olympiad in Informatics 2023
Kampus IPB Baranangsiang. Foto/Dok/IPB University
A A A
JAKARTA - Kampus IPB Baranangsiang menjadi tempat digelarnya pelatihan nasional (Pelatnas) tahap ke-3 untuk persiapan menghadapi ajang olimpiade informatika internasional atau International Olympiad in Informatics (IOI) 2023. Pelatihan diselenggarakan dari tanggal 15 hingga 28 Mei 2023.

Salah satu pembina Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI), Dr Mushthofa menyampaikan, IPB University mendapat tugas dari Pusat Prestasi Nasional ( Puspresnas ) untuk menjadi tuan rumah bagi Pelatnas tahap ke-3 untuk para calon peserta IOI tahun 2023 yang akan dilaksanakan pada Agustus 2023 di Hungaria.



"Sebagai lokasi latihan, kami menyediakan laboratorium komputer di ICT Center, Kampus IPB Baranangsiang. Fasilitas laboratorium komputer, jaringan dan kebutuhan sarana-prasarana lainnya disediakan oleh Lembaga Manajemen Informasi dan Transformasi Digital (LMITD) IPB University,” paparnya.

Dr Mushthofa menambahkan, pelatihan ini memberikan materi pemrograman kompetitif (competitive programming) tingkat lanjut dan melatih kemampuan pemecahan masalah (problem solving) secara komputasional dengan menggunakan berbagai algoritma, struktur data serta heuristic untuk penyelesaian permasalahan komputasional.

“Peserta diberikan materi-materi algoritma dan struktur data tingkat lanjut serta berbagai metode problem solving seperti teknik complete search, greedy, dynamic programming, graph and tree representation dan lainnya. Soal latihan yang diberikan adalah soal-soal setingkat olimpiade komputer internasional (IOI) serta kompetisi-kompetisi lain yang sejenis,” tutur dia.



Lebih lanjut ia menyampaikan, silabus, materi dan soal latihan serta seleksi dipersiapkan di bawah arahan para pembina TOKI dengan dibantu oleh tim Ilmiah (Scientific Committee) dari para Alumni TOKI.

Selain itu, para peserta pelatihan ini juga mengikuti secara daring sebagai perwakilan Indonesia dalam ajang kompetisi Asia Pacific Informatics Olympiad (APIO) 2023 yang diselenggarakan oleh China dan diikuti oleh berbagai negara-negara di Asia Pasifik.

“Harapan kami, pelatnas ini dapat membekali para peserta dengan kemampuan dan skill problem solving yang kuat untuk dapat bersaing di ajang internasional dan sekaligus menyeleksi empat siswa terbaik dari 14 orang peserta untuk mewakili Indonesia di IOI nanti,” harapnya.

Ia juga berharap kegiatan semacam ini dapat meningkatkan awareness dan motivasi generasi muda Indonesia mengenai pentingnya penguasaan teknologi, khususnya informatika. Hal itu guna kemajuan bangsa dan negara dan meningkatkan daya saing anak bangsa di kancah internasional.

International Olympiad in Informatic (IOI) adalah olimpiade internasional komputer yang diselenggarakan setiap tahunnya. IOI merupakan salah satu dari lima olimpiade sains tingkat dunia. Olimpiade ini diadakan di negara yang berbeda setiap tahunnya. Tahun lalu, Indonesia mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah IOI.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2380 seconds (0.1#10.140)