7 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Para Pecinta Alam Berikut Peluang Kariernya

Rabu, 31 Mei 2023 - 09:29 WIB
loading...
7 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Para Pecinta Alam Berikut Peluang Kariernya
7 jurusan kuliah yang cocok untuk para pecinta alam berikut peluang kariernya yang perlu diketahui calon mahasiswa baru. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Bagi para pecinta alam yang ingin melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang kuliah, ada banyak jurusan kuliah yang cocok untuk mengembangkan minat dan bakat mereka.

Berikut adalah 7 jurusan kuliah yang cocok untuk para pecinta alam berikut juga peluang karier bagi lulusannya.

1. Biologi

Jurusan Biologi adalah pilihan yang populer bagi pecinta alam. Dalam jurusan ini, Anda akan mempelajari berbagai aspek kehidupan, mulai dari organisme mikroskopis hingga ekosistem yang kompleks.

Anda akan mempelajari tentang keanekaragaman hayati, perilaku hewan, ekologi, konservasi, dan banyak lagi. Jurusan Biologi dapat memberikan Anda pemahaman mendalam tentang alam dan bagaimana kita dapat melindunginya.

2. Konservasi Sumber Daya Alam

Jurusan Konservasi Sumber Daya Alam fokus pada pelestarian dan pengelolaan lingkungan. Anda akan belajar tentang keberlanjutan lingkungan, manajemen taman nasional, konservasi air dan tanah, kebijakan lingkungan, dan pendekatan lain untuk mempertahankan sumber daya alam yang berharga.

Baca juga: Seleksi Mandiri Jalur Prestasi Universitas Brawijaya 2023, Dibuka hingga 22 Juni

Jurusan ini akan mempersiapkan Anda untuk bekerja di bidang konservasi, melindungi alam, dan memastikan keberlanjutan lingkungan.

3. Geografi

Jurusan Geografi melibatkan pemahaman tentang hubungan antara manusia dan lingkungan. Anda akan mempelajari pola-pola spasial di bumi, perubahan iklim, penggunaan lahan, distribusi populasi, dan topografi.

Jurusan ini dapat membuka peluang karier di bidang penelitian, pemetaan, perencanaan kota, atau manajemen bencana. Geografi juga dapat memperluas wawasan Anda tentang hubungan manusia dengan alam.

4. Meteorologi

Jika Anda tertarik pada cuaca dan iklim, jurusan Meteorologi adalah pilihan yang tepat. Anda akan mempelajari perubahan cuaca, iklim global, pengaruh alam terhadap cuaca, dan mempelajari teknik prakiraan cuaca.

Jurusan ini membuka peluang karier di bidang prakiraan cuaca, penelitian iklim, pemodelan iklim, atau pemantauan lingkungan.

5. Kehutanan

Jurusan Kehutanan akan mempersiapkan Anda untuk menjadi ahli dalam pengelolaan hutan dan sumber daya alam terkait. Anda juga akan mempelajari tentang keberlanjutan hutan, penanaman kembali, perlindungan hutan, kebakaran hutan, dan pentingnya konservasi hutan.

Setelah lulus, Anda bisa bekerja sebagai konsultan lingkungan yang membantu instansi pemerintahan atau lembaga lainnya perihal pengelolaan hutan.

Baca juga: Peduli Lingkungan, Siswa JIS Ini Usung Misi Perjuangkan Akses Air Bersih

6. Teknologi Lingkungan

Jurusan Teknologi Lingkungan menggabungkan ilmu pengetahuan alam dengan teknologi untuk mengembangkan solusi inovatif dalam memperbaiki masalah lingkungan. Anda akan mempelajari teknologi terbarukan, pengelolaan limbah, pengolahan air, dan energi hijau.

Dalam jurusan ini, Anda akan belajar bagaimana menerapkan teknologi untuk melindungi dan menjaga lingkungan alam. Karier dalam teknologi lingkungan dapat melibatkan desain dan implementasi sistem berkelanjutan, manajemen proyek lingkungan, atau konsultasi.

7. Kelautan dan Ilmu Perikanan

Jurusan Kelautan dan Ilmu Perikanan cocok bagi mereka yang tertarik pada kehidupan di lautan dan perairan. Anda akan mempelajari ekologi laut, keberlanjutan perikanan, konservasi kelautan, dan manajemen sumber daya kelautan.

Jurusan ini juga dapat membuka peluang untuk mempelajari organisme laut, seperti biologi ikan, koral, atau mamalia laut. Karier dalam kelautan dan ilmu perikanan dapat melibatkan penelitian, pemantauan ekosistem, atau pengelolaan perikanan.

Demikian 7 jurusan kuliah yang cocok bagi para pecinta alam. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0954 seconds (0.1#10.140)