5 Keunggulan STEM di China, No 4 AI Jadi Fokus Riset

Rabu, 31 Mei 2023 - 14:26 WIB
loading...
5 Keunggulan STEM di China, No 4 AI Jadi Fokus Riset
5 keunggulan STEM di China. Fokus STEM di China salah satunya adalah fokus pada pengembangan Artificial Intelligence (AI). Foto/Shutterstock.
A A A
JAKARTA - China telah mengalami Revolusi STEM (Sains, Teknologi, Rekayasa, dan Matematika) yang mengubah lanskap pendidikan dan inovasi di negara tersebut. Revolusi STEM di China telah menjadi fokus utama pemerintah dalam upaya untuk mendorong kemajuan ilmiah, teknologi, dan ekonomi.

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto pada MNC Forum LXX (70th), Selasa (30/5/2023) memang mendorong Indonesia untuk melakukan Revolusi STEM yang menuju ke sana Indonesia bisa berguru ke China.

Prabowo menuturkan, kebangkitan China salah satunya memang karena Revolusi STEM yang ditandai dnegan banyaknya lulusan di bidang STEM dalam mendukung kemajuan negara bagian Asia Timur tersebut.

Prabowo mengungkapkan, jumlah lulusan STEM di China itu 4.660.000 setiap tahun, lalu India 2.575.000, Amerika Serikat 568.000, Rusia 561.000, Iran 335.000, dan Indonesia jumlah lulusan STEM masih terbilang rendah karena hanya 206.000 setiap tahunnya.

China pun telah banyak mendirikan distrik berteknologi tinggi agar STEM berkembang. Contoh terbaiknya adalah di Shenzhen yang dikenal sebagai pusat teknologi China. Saat ini banyak pelajar internasional yang berduyun-duyun belajar di sini.

Baca juga: Markplus Institute dan MNC University Teken MoU Memperkuat Kolaborasi di Bidang Digital Marketing

Agnes Valencia, salah satu mahasiswa asal Indonesia yang kuliah di CUHK-Shenzhen mengatakan, "China cukup maju dalam hal teknologi, terutama di Shenzhen. Misalnya, Anda akan melihat kendaraan listrik di mana-mana. Bahkan bus-bus di CUHK-Shenzhen menggunakan listrik sebagai sumber tenaganya," mahasiswi Teknik Informasi Elektronik, dikutip dari laman China Admissions.

CUHK-Shenzhen Professor Pooi-Yuen Kam menuturkan, mahasiswa dan peneliti dapat mengejar dan melamar peluang penelitian unik yang ditawarkan oleh pemerintah kota dan provinsi di bidang-bidang seperti AI, jaringan, dan lainnya. “Tentu saja, mereka juga terbuka terhadap ide-ide baru,” kata Profesor Kam.

“Terserah Anda untuk melamar. Mereka terbuka untuk saran. Nyatanya, semakin revolusioner atau radikal ide Anda, semakin besar perhatian yang mungkin didapat!," tambah Prof Kam.

Lalu apa saja aspek yang mencermikan Revolusi STEM di China yang menandai kebangkitan negara tersebut? Berikut ulasannya.

1. Pendidikan STEM yang Diperkuat


Pemerintah China telah mengimplementasikan program pendidikan STEM yang diperkuat di seluruh negara. Program ini dimulai dari tingkat pendidikan dasar hingga perguruan tinggi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1635 seconds (0.1#10.140)