Kolaborasi Bidang Perpustakaan, Perpusnas Jalin Kerja Sama dengan British Library

Jum'at, 02 Juni 2023 - 10:12 WIB
loading...
Kolaborasi Bidang Perpustakaan, Perpusnas Jalin Kerja Sama dengan British Library
Perpusnas melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan British Library. Foto/Perpusnas.
A A A
JAKARTA - Perpusnas kembali menjalin nota kesepahaman dengan Perpustakaan Dewan Perpustakaan Inggris Kerajaan Inggris Raya atau British Library (BL). Kerja sama keduanya mengagendakan pertukaran bahan pustaka, peningkatan SDM, dan lainnya.

Nota kesepahaman ini ditandatangani oleh Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Muhammad Syarif Bando dan Phil Spence dari British Library. Sebelumnya, Perpusnas dengan British Library menjalin nota kesepahaman di bidang perpustakaan pada 2018 - 2021.

Kepala Perpusnas RI Muhammad Syarif Bando menyatakan, MoU yang akan dilaksanakan selama kurun waktu tiga tahun mendatang diharapkan dapat menjalin kolaborasi yang erat di bidang perpustakaan. Pada periode MoU sebelumnya, beberapa agenda kegiatan telah dilaksanakan.

Di antaranya dengan mengundang Annabel Teh Gallop, spesialis Lead Curator untuk Asia Tenggara untuk menjadi salah satu reviewer dalam National Manuscript Journal (Jumantara) yang diterbitkan Perpusnas dan menjadi pembicara tamu pada webinar Digitalisasi Naskah Nusantara.

Baca juga: 10 Universitas Terbaik di Indonesia yang Masuk THE Impact Rankings 2023

Perpusnas bersama Keraton Yogyakarta juga berhasil mendapatkan 75 salinan digital naskah kuno dari British Library bertepatan dengan acara Pameran Naskah “Merangkai Jejak Peradaban Nagari Ngayogyakarta” pada tahun 2019.

“Pada kesempatan ini kami sampaikan rasa hormat dan terima kasih kepada jajaran British Library telah menerima kunjungan dari Perpustakaan Nasional dan telah merespon terkait Memory of The World, kami akan mempersiapkan segala sesuatu termasuk naskah akademik untuk mendapatkan surat dukungan dari British Library untuk menominasikan Naskah Hamzah Fansuri masuk dalam Memory of The World,” katanya, melalui siaran pers, Jumat (2/6/2023).

Phil Spence juga menimpali hubungan yang terjalin antara kedua institusi sangat dekat dan telah berlangsung bertahun-tahun sejak Kepala Perpusnas yang pertama Ibu Mastini. “British Library akan selalu menjadi suporter terbaik bagi Perpustakaan Nasional,” ujarnya.

Baca juga: Mahasiswa MNC University Borong Medali Dalam Ajang Kompetisi Sains Tingkat Nasional

Kepala Perpusnas berharap, ke depan, pertukaran informasi dan pengetahuan, pengiriman sumber daya manusia, dan pertukaran bahan pustaka, dapat berlanjut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2062 seconds (0.1#10.140)