Fantastis! Segini Biaya Kuliah Kedokteran di Top 3 PTN

Selasa, 06 Juni 2023 - 14:41 WIB
loading...
Fantastis! Segini Biaya Kuliah Kedokteran di Top 3 PTN
Biaya kuliah kedokteran sampai saat ini masih dikenal sebagai yang termahal ketimbang prodi lain. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Biaya kuliah kedokteran sampai saat ini masih dikenal sebagai yang termahal ketimbang prodi lain. Terlebih bila Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tersebut telah menyandang nama universitas terbaik.

Kendati demikian, biaya kuliah yang mahal untuk prodi kedokteran saat ini sudah bukan momok yang perlu ditakutkan. Sebab, pembebanan biaya kuliah akan disesuaikan dengan kemampuan ekonomi setiap orang tua wali mahasiswa.

Lantas, bagaimana perbandingan biaya jurusan kuliah tersebut untuk tiga PTN terbaik di Indonesia? Pembahasan ini menarik untuk diketahui oleh setiap calon mahasiswa yang hendak memiliki minat di prodi kedokteran.


Biaya Kuliah Kedokteran PTN Terbaik

Berikut perbandingan biaya kuliah kedokteran di tiga PTN terbaik Indonesia berdasarkan versi World University Ranking (WUR) tahun 2023.

1. Universitas Indonesia

Untuk biaya kuliah kedokteran S1 reguler saat ini sudah tidak perlu membayarkan uang pangkal karena telah disubsidi Pemerintah.

Dilansir dari laman Universitas Indonesia, UI kini menetapkan mekanisme Biaya Operasional Pendidikan (BOP) yang disesuaikan dengan kemampuan penanggung biaya pendidikan calon mahasiswa, atau dikenal dengan BOP-Berkeadilan (BOP-B). Calon mahasiswa baru mempunyai hak untuk bisa mengajukan BOP-B.

Terdapat berkas pendukung yang harus dilengkapi untuk mengajukan BOP-B. Berkas tersebut akan memberikan gambaran kondisi penanggung biaya pendidikan calon mahasiswa. BPO dalam jurusan Kedokteran UI kelas reguler ini dibagi menjadi beberapa kelas.

Berikut ini besaran BOP-B untuk Jurusan Kedokteran :

- Kelas 1 : Rp10.000.000
- Kelas 2 : Rp12.500.000
- Kelas 3 : Rp15.000.000
- Kelas 4 : Rp17.500.000
- Kelas 5 : Rp20.000.000

Namun untuk kelas Internasional besaran biaya yang mesti ditanggung sebesar Rp51,7 juta per semester dan Uang Pangkal (UP) sebesar Rp 111,1 juta.


2. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga juga menggolongkan biaya kuliah Kedokteran dalam beberapa kategori Uang Kuliah Tunggal (UKT) berdasar kemampuan orang tua mahasiswa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1389 seconds (0.1#10.140)