Begini Kunci Taklukkan Beasiswa LPDP dari Mahasiswa Unair

Rabu, 07 Juni 2023 - 13:02 WIB
loading...
Begini Kunci Taklukkan Beasiswa LPDP dari Mahasiswa Unair
Kunci menaklukkan beasiswa LPDP dari mahasiswa Unair. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Menjadi salah satu beasiswa populer di negeri ini, beasiswa LPDP adalah beasiswa yang sulit untuk diraih pejuang kuliah. Lalu adakah kiat tersendiri untuk meraihnya?

Pada sosialisasi Beasiswa LPDP RI yang digelar Kelurahan LPDP Universitas Airlangga (Unair) ada empat awardee beasiswa LPDP yang hadir sebagai pembicara.

Salah satu pembicara dalam sosialisasi itu Febriyanti Amol merupakan penerima beasiswa LPDP tahun 2021. Ia lolos melalui jalur afirmasi dan kini tengah menempuh pendidikannya di program S3 Ilmu Manajemen Unair.

Menurutnya, setiap jalur di LPDP memiliki target yang berbeda. Calon pendaftar wajib mengetahui jalur mana yang akan mereka ambil berdasarkan kriteria yang tepat.

Baca juga: Kampus Swasta yang Menerima KIP Kuliah 2023, Ini Daftarnya

“Untuk teman-teman yang bukan dari targeted, atau ASN, TNI, atau Polri bisa mendaftar di jalur umum. Sementara itu kalau misalkan teman-teman dari daerah afirmasi, atau daerah 3T, putra-putri papua, atau teman teman penyandang disabilitas bisa mendaftar di jalur afirmasi,” katanya, dikutip dari laman Unair, Rabu (7/6/2023).

Keperluan berkas pada masing-masing jalur pendaftaran memiliki perbedaan dan menjadi seleksi tahap awal. Calon pendaftar dapat membaca panduan tersebut pada laman LPDP Kementerian Keuangan.

Kunci Mengerjakan Seleksi Bakat Skolastik


Setelah lolos seleksi berkas, pendaftar beasiswa LPDP adalah Seleksi Bakat Skolastik kecuali penyandang disabilitas.
Tiga bagian penting dalam tahap ini adalah tes verbal, kuantitatif, dan pemecahan masalah. Pada tahap ini, Febriyanti mengungkapkan bahwa pendaftar harus mengatur waktu dan menjawab keseluruhan soal.

Baca juga: Ini Tips dan Trik Mendapatkan Informasi Beasiswa Luar Negeri

“Pastikan teman-teman me-manage waktu dengan tepat. Waktunya cuma 90 menit (untuk 60 soal, red), satu soal hanya butuh waktu 1,5 menit," ungkap Febriyanti.

"Tidak perlu takut karena ketika teman-teman menjawab salah tidak akan mengurangi skor. Jadi jika tidak bisa isi saja, siapa tahu benar,” lanjutnya.

Kunci Wawancara sebagai Seleksi Substansi


Dia menekankan persiapan matang sangat penting pada tahap wawancara. Pasalnya, pendaftar harus memenuhi ketetapan passing grade dan mendapatkan pernyataan rekomendasi pewawancara bahwa pendaftar tersebut layak. Maka dari itu, pendaftar harus melakukan persiapan sebelum melakukan wawancara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3631 seconds (0.1#10.140)