Nadiem: Pembelajaran di PAUD dan SD Harus Menyenangkan

Rabu, 07 Juni 2023 - 13:52 WIB
loading...
Nadiem: Pembelajaran di PAUD dan SD Harus Menyenangkan
Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim. Foto/Kemendikbudristek.
A A A
JAKARTA - Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim menekankan ada proses pembelajaran yang menyenangkan dan berkesinambungan dari PAUD ke SD. Hal ini sebagai inti dari Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan.

Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan merupakan Episode ke-24 Merdeka Belajar yang telah diluncurkan pada bulan Maret lalu.

Usia dini merupakan periode penting dalam proses tumbuh kembang peserta didik dan membangun fondasi pengetahuan, keterampilan, serta karakter yang dibutuhkan sebagai bekal kehidupan.

Melalui Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan, Mendikbudristek mengajak seluruh peserta untuk melakukan tiga hal yang mendorong perubahan paradigma umum tentang pendidikan anak usia dini guna memastikan terjaminnya hak anak-anak.

Baca juga: OASE-KIM dan Bunda PAUD Berkomitmen Dukung Program Merdeka Belajar Episode ke-24

“Pertama, kita perlu menyadarkan seluruh pihak bahwa periode usia dini tidak berhenti sampai PAUD, tetapi peserta didik SD kelas awal juga masih masuk kategori usia dini,” katanya, melalui siaran pers, Rabu (7/6/2023).

Nadiem yang akrab disapa Mas Menteri menjelaskan, proses pembelajaran di PAUD dan SD kelas awal harus serupa dan berkesinambungan. Selain itu, suasana belajar di kelas awal harus sama menyenangkannya dengan saat di PAUD, dan kurikulum juga mesti selaras.

“Hal ini akan membantu peserta didik untuk beradaptasi dengan lingkungan belajar yang baru dan menumbuhkan rasa cinta terhadap proses belajar,” jelas Mendikbudristek.

Selanjutnya, Mendikbudristek mengajak para peserta untuk mendorong satuan pendidikan agar menerapkan pembelajaran yang membangun kemampuan fondasi peserta didik secara holistik.

Baca juga: Bangga! Siswa MAN 2 Mataram Ini Raih Penghargaan Olimpiade Matematika Internasional
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1105 seconds (0.1#10.140)