Berburu Beasiswa Luar Negeri, IFSA LC IPB dan FMSC Bekali 250 Mahasiswa dengan Skill Ini

Kamis, 08 Juni 2023 - 13:20 WIB
loading...
Berburu Beasiswa Luar Negeri, IFSA LC IPB dan FMSC Bekali 250 Mahasiswa dengan Skill Ini
Mahasiswa IPB University. Foto/Dok/IPB
A A A
JAKARTA - International Forestry Students' Association Local Committee (IFSA LC) IPB University dan Forest Management Students’ Club (FMSC) berkolaborasi mengadakan kegiatan pelatihan bahasa Inggris.

Hal itu berguna sebagai persiapan beasiswa ke luar negeri , bekerja di luar negeri atau dengan perusahaan multinasional dan kehidupan pasca kampus lainnya.



Kegiatan ini bernama EYES ‘Enhance Your English Skill’. Acara yang diikuti oleh lebih dari 250 mahasiswa IPB University ini diselenggarakan selama dua minggu dengan beberapa kegiatan.

Kegiatan ini diawali dengan seminar yang dihadiri oleh Prita Setya Maharani, MHum, Dosen Sastra Inggris Universitas Pakuan Bogor dan Danang Ari Raditya, SHut, MSi, Forestry Manager IKEA Supply AG (Indonesia Office) sebagai pembicara.

Kedua pembicara membahas tentang pentingnya bahasa Inggris dalam kehidupan belajar dan bekerja. Prita dan Danang turut berbagi tips dan trik belajar bahasa Inggris, khususnya untuk mahasiswa serta informasi berbagai tes persiapan bahasa Inggris.



“Dalam belajar bahasa Inggris, kita tidak hanya menekankan tata bahasa, tetapi kelancaran kita dalam berbicara lebih diperhatikan. Karena yang kita lakukan adalah berkomunikasi. Hal paling penting yaitu berlatih bersama, dengan siapa saja dan kapan saja,” ujar Prita.

Masih dalam kegiatan EYES, terdapat pelatihan Test of English as a Foreign Language (TOEFL) oleh Leader English. Dalam pelatihan ini, para peserta berlatih mengerjakan soal, berlatih berbicara dan mendengarkan. Selain itu, ada pula lomba esai yang memotivasi peserta untuk melatih kemampuan menulisnya.

Setelah mengikuti pelatihan, seluruh peserta berkesempatan menjalani TOEFL Prediction Test secara online dan mengikuti pelatihan Curriculum Vitae (CV) dan wawancara. Materi ini disampaikan secara santai melalui demonstrasi wawancara langsung.

“Kegiatan EYES sangat membantu dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris saya. Proses pembelajarannya menyenangkan dan menambah keberanian saya untuk berbicara bahasa Inggris meskipun saya masih memiliki keterbatasan dalam memahami tata bahasa,” kata Alifa, salah satu peserta EYES.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2203 seconds (0.1#10.140)