7 Jalur Seleksi Mandiri Unesa, Ada yang Tanpa Tes Loh!

Sabtu, 10 Juni 2023 - 05:50 WIB
loading...
7 Jalur Seleksi Mandiri Unesa, Ada yang Tanpa Tes Loh!
Universitas Negeri Surabaya (Unesa) membuka 7 jalur penerimaan di seleksi mandiri. Foto/Unesa.
A A A
JAKARTA - Universitas Negeri Surabaya (Unesa) membuka seleksi mandiri yang terdiri dari 7 jalur penerimaan. Salah satunya adalah jalur penerimaan tanpa tes.

Kasubdit Penerimaan dan Kelulusan Mahasiswa Unesa Dr Sukarmin menjelaskan, Unesa menyediakan 7 jalur penerimaan mahasiswa baru melalui seleksi mandiri atau yang Unesa sebut Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB).

SPMB Unesa dibuka untuk memberikan kesempatan yang lebih luas bagi lulusan SMA dan sederajat dari berbagai daerah di Indonesia untuk bisa mengenyam pendidikan yang lebih tinggi.

Dikutip dari laman Unesa, Sabtu (10/6/2023), berikut ini 7 jalur seleksi mandiri Unesa di tahun ini.

1. Jalur Nontes (Nilai Tes Nasional: SNBP dan UTBK)


Jalur tanpa tes ini bisa dimanfaatkan dua skema. Pertama, Nontes SNBP yang bisa dimanfaatkan peserta yang belum lolos jalur SNBP atau yang belum berkesempatan masuk kelompok siswa eligible bisa mengikuti jalur ini.
Cukup nanti mengunggah nilai rapor semester 1-4 yang didukung sertifikat. Kedua, nontes UTBK yang bisa digunakan peserta yang punya nilai UTBK yang bagus.

"Kiatnya, kalau nilai rapor adik-adik bagus dan sertifikat pendukungnya juga bagus, pilihlah semua prodi yang ada di Unesa. Bagi yang nilai rapornya sedang, pilihlah prodi yang persaingannya tidak terlalu tinggi. Begitupun adik-adik yang menggunakan nilai UTBK," tuturnya.

Baca juga: Negara-negara yang Cocok Dijadikan Tujuan Studi S2

2. Jalur Prestasi


Jalur ini bisa dimanfaatkan para peserta yang waktu SMA menjadi Ketua OSIS, Wakil, Sekretaris, dan pengurus inti OSIS atau meraih prestasi di berbagai bidang.

Penerimaan jalur ini berdasarkan nilai tes tulis dan wawancara. Ada 11 jenis prestasi yang dibuka UNESA pada skema ini yaitu 1) Prestasi Seni, 2) Prestasi Olahraga, 3) Prestasi MTQ, 4) Prestasi Tahfidz.

Selanjutnya, 5) Prestasi Pesantren, 6) Prestasi Keagamaan Protestan, 7) Prestasi Keagamaan Katolik, 8) Prestasi Keagamaan Hindu, 9) Prestasi Keagamaan Buddha. 10) Prestasi Kepemimpinan. 11) Prestasi Saintek dan Soshum.

3. Jalur Disabilitas


Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya dan sebagai bagian dari komitmen di bidang disabilitas, Unesa juga membuka jalur khusus peserta disabilitas.

Pada jalur ini peserta akan dilihat dari nilai tes dan wawancara oleh tim PSLD/Direktorat Disabilitas. Seleksi jalur ini tentu tidak seperti tes reguler alias disesuaikan dengan tingkat kemampuan peserta disabilitas.

4. TMUBK


Sesuai dengan namanya, Tes Masuk Unesa Berbasis Komputer (TMUBK) ini dikelola dan dikembangkan Unesa. Nanti seleksi ini menggunakan skema tes berbasis komputer. Peserta yang memilih prodi keolahragaan dan seni bisa menyertakan portofolio, karena bisa menjadi nilai tersendiri.

Lewat TMUBK ini, Unesa memberikan kemudahan bagi peserta untuk memilih opsi tes di rumahnya masing-masing.

Cukup punya laptop yang ada kameranya dan ada jaringan internet stabil nanti tim akan memberikan link soal sesuai jadwal. Pengawasannya dilakukan lewat kamera dan pergerakan mouse yang ada di layar.

Baca juga: Perbedaan Jurusan DKV dan Desain Grafis, Prospek Kerja Sama Menjanjikan

5. Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADIK)


Tes ini dikelola Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan-Kemendikbudristek yang bisa disasar peserta dari daerah 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal), Papua dan Papua Barat, dan anak-anak TKI.

6. Kerja Sama


Seleksi kerja sama tentu melalui skema kerja sama dengan pemerintah daerah (MoU) yang bisa dimanfaatkan putra-putri yang memiliki MoU dengan Unesa.

Pesertanya nanti diseleksi tim internal. Jalur ini, Unesa sudah bekerja sama dengan Kalimantan Timur terkait PLB.

7. Luar Negeri


Selanjutnya, jalur luar negeri ini khusus pelajar atau mahasiswa asing yang diseleksi oleh tim Kantor Urusan Internasional atau KUI Unesa. Lewat jalur ini, sudah banyak mahasiswa asing dari berbagai negara yang mengenyam pendidikan di Unesa.

Biaya Kuliah


Terkait biaya jalur mandiri ini karena banyak yang bertanya, untuk jalur Nontes, Disabilitas, TMUBK Sarjana dan Sarjana Terapan, UKT-nya itu masuk kategori 5-8 dan untuk SPI nanti sesuai pilihan peserta sendiri berdasarkan kemampuan.

“Kemudian untuk jenis jalur prestasi, bagi yang punya prestasi bagus seperti juara olimpiade bidang Sains dan sebagainya, atau juara olahraga nasional atau internasional itu ada kemungkinan dibebaskan UKTnya," pungkasnya.

Peserta yang mendaftar di jalur bisa bisa memilih prodi sesuai minat dan bakat serta karier masa depan. Unesa memiliki total 116 prodi untuk prodi sarajan terapan, sarjana akademik, magister dan doktor.

Informasi lebih lanjut terkait rincian ketentuan pendaftaran bisa mengunjungi laman https://admisi.unesa.ac.id/.

Jadwal Pendaftaran Jalur Mandiri Unesa


Jalur Nontes-SNBP:29 Mei-22 Juni 2023
Jalur Prestasi: 8-24 Juni 2023.
Jalur Nontes-UTBK: 22-30 Juni 2023
Jalur TMUBK: 2-11 Juli 2023
Jalur TMUBK gelombang 2: 19-27 Juli 2023.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0810 seconds (0.1#10.140)