Bagaimana Jika Tidak Lolos SNBT? Ini 4 Hal yang Bisa Kamu Lakukan

Sabtu, 10 Juni 2023 - 06:35 WIB
loading...
Bagaimana Jika Tidak Lolos SNBT? Ini 4 Hal yang Bisa Kamu Lakukan
Bagi pejuang kuliah yang dinyatakan tidak lolos SNBT, jangan menyerah. Sebab masih ada 4 hal yang bisa kalian lakukan. Foto/Humas IPB University.
A A A
JAKARTA - Pengumuman hasil SNBT 2023 akan dilangsungkan pada 20 Juni 2023. Akan ada yang lolos dan tidak diterima. Lalu bagaimana jika hasil UTBK menunjukkan kalian tidak lolos SNBT 2023?

Jadwal resmi dari Tim Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) PTN menyatakan pengumuman hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) akan berlangsung pada 20 Juni 2023 pukul 15.00 WIB.

Instagram SNPMB BPPP sebelumnya mencatat jumlah siswa yang melakukan proses pemilihan program studi dan finalisasi akun untuk pendaftaran UTBK SNBT 2023 mencapai 803.835 peserta.

Tentu dari ratusan ribu pendaftar tidak akan semuanya diterima di jalur UTBK SNBT 2023. Akan ada banyak peserta yang sudah berjuang di tes namun pada saat pengumuman 20 Juni 2023 nanti dinyatakan tidak lulus SNBT.

Lalu bagaimana jika tidak lulus SNBT 2023? Dikutip dari Instagram Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan Kemendikbudristek, berikut 4 solusi yang bisa dilakukan.

1. Coba Lagi di Seleksi Mandiri PTN


Jalur nasional penerimaan mahasiswa baru memang hanya ada dua yaitu SNBP dan SNBT. Namun jika kalian tidak lolos SNBT, masih ada peluang di seleksi mandiri. Selain itu juga ada Seleksi Bersama PTKL (Perguruan Tinggi Kementerian Lain) yang juga bisa dieksplor.

Baca juga: Tim Mahasiswa UI Borong 6 Medali di Ajang Jogja Information Technology Session 2023

Maka, jangan tertunduk lesu, segera siapkan diri kalian untuk menghadapi rangkaian tes di seleksi mandiri.

2. Sekolah Kedinasan bagi yang Ingin Menjadi PNS atau Prajurit


Saat ini peluang untuk melanjutkan kuliah terbuka lebar. Jika kalian enggan ikut seleksi mandiri PTN, pertimbangkan seleksi Sekolah Kedinasan

Sekolah kedinasan seperti di PKN STAN, Akademi Kepolisian, STIS, Akademi Militer, ataupun Poltek SSN patut menjadi pilihan bagi kalian yang gagal di SNBT.

Biasanya masing-masing sekolah tinggi memiliki persyaratan tertentu untuk kalian penuhi jika ingin studi di sana. Maka tidak ada salahnya untuk persiapkan diri mulai dari sekarang.

Baca juga: Perbandingan Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran Hewan di PTN Top Indonesia

3. Coba Daftar di Perguruan Tinggi Swasta


Sejatinya, perguruan tinggi swasta (PTS) di Indonesia banyak yang bermutu dan berkualitas. Bahkan sekarang ini banyak kampus swasta yang menyediakan pembelajaran yang kualitasnya tak kalah dengan kampus negeri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3204 seconds (0.1#10.140)