FK UIN Jakarta Segera Buka Prodi Spesialis Obsgyn dan Pulmonologi

Sabtu, 10 Juni 2023 - 12:30 WIB
loading...
FK UIN Jakarta Segera Buka Prodi Spesialis Obsgyn dan Pulmonologi
FK UIN Jakarta akan segera membuka prodi spesialis Obsgyn dan Pulmonologi. Foto/Dok/UIN JKT.
A A A
JAKARTA - Fakultas Kedokteran (FK) UIN Jakarta segera membuka program studi (Prodi) Spesialis Obsgyn dan Pulmonologi. Hadirnya kedua prodi ini akan memperkuat kontribusi FK UIN Jakarta dalam penanganan berbagai kebutuhan medis publik.

Dekan FK Universitas Islam Syarif Hidayatullah Jakarta (UIN Jakarta) Dr. dr. Achmad Zaki mengungkapkan, Prodi Spesialis Obsygen dan Prodi Spesialis Pulmonologi saat ini sedang dimatangkan proses pembukaannya sehingga dalam beberapa waktu akan mandiri sebuah sebuah program spesialis.

Berbagai tahapan pembukaan prodi spesialis terus dikejar FK UIN Jakarta. Di antaranya rekomendasi dari kolegium dokter spesialis bidang medis yang jadi fokus program spesialis yang ditawarkan. “Rekomendasi dari kolegium media sudah didapatkan, Alhamdulillah,” katanya, dilansir dari laman UIN Jakarta, Sabtu (10/6/2023).

Baca juga: Jamin Transparan, Jalur Mandiri Universitas Andalas Diawasi KPK

Selain rekomendasi kolegium dokter spesialis, rilis FK UIN Jakarta sebelumnya menyebutkan jika FK juga telah mengajukan pembukaan prodi melalui aplikasi SIAGA DIKTI. Selain itu, FK juga telah melakukan visitasi ke RS Paru Gunawan Partowidigdo Cisarua Bogor sebagai RS Pendidikan Utama oleh Kolegium Pulmonologi.

Diketahui, spesialisasi keilmuan di bidang obygen adalah program keahlian para dokter di bidang kesehatan reproduksi wanita. Sedang spesialisasi keilmuan di bidang Pulnomologi merupakan studi kedokteran yang mempelajari tentang cara menangani adanya gangguan pada sistem pernapasan, seperti bronkus, paru-paru, dan alveolus.

Diketahui, FK UIN Jakarta pada awal Mei 2023 lalu menekan nota kerja sama dengan tak kurang dari sembilan rumah sakit jejaring. Zaki menyebutkan fokus kerja sama ini adalah komitmen dukungan para RS jejaring dalam mengakselerasi program pendidikan FK UIN Jakarta.

Rumah sakit jejaring yang berkomitmen mendukung itu antara lain RSUP Fatmawati, RS Bhayangkara Tk I Radden Said Sukanto, RS Paru Dr. M. Goenawan Partowidiggo, dan RS Jiwa Dr Seoharto Heerdjan Jakarta.

Baca juga: Rektor Unair Bagikan Strategi Kepemimpinan Menuju World Class University

Lalu, RS Jiwa dr. H. Mardjoeki Mahdi RS Haji Jakarta, RS Ketergantungan Obat Jakarta, RSU Kota Tangerang Selatan, dan RS dr. Sitanala Tangerang.

Dia menerangkan, pengembangan berbagai program akademik FK dan penguatan kerja sama dengan RS Jejaring sejalan dengan permintaan Kementerian Kesehatan RI agar FK UIN Jakarta terus memperkuat kontribusi kesehatan publik pasca Prodi Kedokteran meraih akreditasi A.

“Seiring akreditasi A yang diperoleh FK UIN Jakarta, kami diminta langsung Kementerian Kesehatan RI untuk mengokohkan kontribusi kedokteran Indonesia,” pungkasnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4193 seconds (0.1#10.140)