Intip Besaran Biaya Kuliah Kedokteran di 3 Kampus Swasta Terbaik di Indonesia

Senin, 12 Juni 2023 - 17:33 WIB
loading...
Intip Besaran Biaya Kuliah Kedokteran di 3 Kampus Swasta Terbaik di Indonesia
Universitas Pelita Harapan (UPH). Foto/Dok/UPH
A A A
JAKARTA - Melanjutkan pendidikan di Fakultas Kedokteran adalah impian sebagian calon mahasiswa. Selain menarik minat ribuan calon mahasiswa dalam seleksinya, jurusan kedokteran juga dikenal sebagai jurusan dengan biaya kuliah yang tinggi.


Berikut adalah biaya kuliah kedokteran di 3 kampus swasta terbaik di Indonesia.


1. Universitas Pelita Harapan

Universitas Pelita Harapan (UPH) adalah salah satu kampus swasta dengan jurusan kedokteran terbaik di Indonesia. Fakultas Kedokteran UPH dijalankan dengan standar internasional dan menjadi incaran calon mahasiswa.

Fakultas kedokteran di kampus yang berlokasi di Tangerang, Banten itu didirikan pada tahun 2001 dan sudah bekerja sama dengan berbagai pihak, baik di dalam negeri maupun luar negeri.



Lantas, berapa biaya kuliah yang dibutuhkan untuk berkuliah di sini? Melansir laman resmi UPH, uang masuk yang wajib dibayar oleh mahasiswa kedokteran sebesar Rp160 juta.

Sementara itu, biaya per semester yang ditanggung mahasiswa adalah Rp63 juta. Jika ditotal, biaya kuliah kedokteran di UPH mencapai Rp892.000.000.


2. Universitas Yarsi

Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi telah meraih akreditasi A dan menjadi tujuan belajar calon dokter. Yarsi memiliki 2 program studi kedokteran, yakni untuk jenjang sarjana dan profesi.

Fasilitas yang ditawarkan Yarsi untuk para mahasiswa kedokterannya terbilang cukup lengkap. Mulai dari laboratorium, RSU Yarsi, RSGM Yarsi, klinik, dan masih banyak lainnya.



Untuk mahasiswa baru, pembayaran pertama yang harus dibayarkan adalah Rp261 juta, termasuk biaya SPP, BPP, serta PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru) yang besarnya Rp1.000.000.

Pada semester 2, biaya yang harus dibayarkan sebesar Rp260 juta, terdiri dari SPP Rp220 juta dan BPP (Biaya Penyelenggaraan Pendidikan) Rp40 juta.

Untuk mahasiswa yang berada di semester 3 – 8, BPP yang wajib dibayar adalah Rp40 juta per semester. Jadi, total biaya yang dikeluarkan dari semester 1 hingga 8 mencapai Rp761 juta.


3. Universitas Trisakti

Universitas Trisakti juga dikenal sebagai kampus swasta terbaik yang memiliki fakultas kedokteran. Melansir laman resminya, Fakultas Kedokteran Trisakti sudah berdiri sejak tahun 1965 dan meluluskan lebih dari 6 ribu dokter yang ada di seluruh Indonesia.

Saat ini, FK Trisakti mempunyai 1.228 mahasiswa dengan 137 pengajar. Fakultas ini juga mempunyai 3 guru besar dan 18 doktor.

Calon mahasiswa yang berminat menempuh pendidikan di sini harus menyiapkan total dana hingga Rp604 juta (estimasi biaya dari semester 1 hingga 8).

Dengan kata lain, biaya pokok per semesternya sekitar Rp75 juta. Biaya kuliah tersebut khusus untuk mahasiswa dalam negeri. Untuk mahasiswa asing, biaya kuliahnya adalah dua kali jumlah biaya pendidikan WNI.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4302 seconds (0.1#10.140)