IPB Bentuk Klaster Keilmuan untuk Percepatan Hilirisasi Hasil Riset

Selasa, 13 Juni 2023 - 08:04 WIB
loading...
IPB Bentuk Klaster Keilmuan untuk Percepatan Hilirisasi Hasil Riset
IPB University membentuk klaster keilmuan untuk percepatan hilirisasi hasil riset. Foto/Dok/Humas IPB.
A A A
JAKARTA - IPB University membentuk klaster keilmuan untuk mempercepat hilirisasi hasil riset . Ada 6 klaster keilmuan yang dibentuk mulai dari stunting hingga pengembangan teknologi.

Pembentukan klaster keilmuan merupakan salah satu kegiatan melalui pendanaan LPDP, Dana Abadi Perguruan Tinggi (DAPT) untuk peningkatan rangking perguruan tinggi dalam QS World University Ranking (WUR).

Direktur Riset dan Inovasi IPB University, Prof Sugeng Heri Suseno menyampaikan, kerja sama riset penelitian IPB University dengan beberapa perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTNBH) dilaksanakan melalui hibah Riset Kolaborasi Indonesia (RKI).

Kerja sama antar PTNBH ini dinilainya telah terbukti memberikan dampak yang baik terhadap peningkatan mutu penelitian dan publikasi internasional.

Baca juga: Nanjing Agricultural University dan IPB Kolaborasi Maksimalkan Smart Agriculture

“Namun dirasakan bahwa masih perlu dilakukan penguatan kerja sama antara PTNBH untuk lebih meningkatkan kerja sama penelitian dengan fokus bidang-bidang keilmuan tertentu, sehingga menghasilkan output penelitian yang bertaraf internasional," ujarnya.

"Untuk maksud tersebut, maka IPB University telah merancang suatu penelitian bantuan pembentukan klaster kelompok keilmuan,” lanjutnya, melalui siaran pers, Selasa (13/6/2023).

Dalam laporannya, Prof Sugeng memaparkan hasil luaran yang telah tercapai dari tiga kegiatan di DRI yang terkait dengan WUR, salah satunya adalah terbentuknya enam klaster kelompok keilmuan.

“Program pembentukan klaster keilmuan ini diharapkan dapat meningkatkan beberapa parameter pendukung dalam penilaian rangking di WUR, antara lain jumlah publikasi, jumlah sitasi dan kolaborasi riset internasional”, ujarnya.

Wakil Rektor IPB University bidang Riset, Inovasi dan Pengembangan Agromaritim, Prof Ernan Rustiadi menyampaikan walaupun jumlah dosen di IPB University lebih rendah dibandingkan dengan perguruan tinggi lainnya, tetapi IPB University dapat menunjukkan bahwa luaran yang dihasilkan mampu melampaui target yang ditetapkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1292 seconds (0.1#10.140)