Mengenal 11 Jalur Prestasi Unesa, Pendaftaran Dibuka hingga 24 Juni 2023

Selasa, 13 Juni 2023 - 15:07 WIB
loading...
Mengenal 11 Jalur Prestasi Unesa, Pendaftaran Dibuka hingga 24 Juni 2023
Unesa menyediakan 11 jalur prestasi di penerimaan mahasiswa baru 2023. Foto/Dok/Unesa
A A A
JAKARTA - Universitas Negeri Surabaya ( Unesa ) membuka 11 jalur prestasi di penerimaan mahasiswa baru 2023. Pendaftarannya masih dibuka hingga 24 Juni 2023.

Kasubdit Penerimaan dan Kelulusan Mahasiswa Dr. Sukarmin mengatakan, jalur ini merupakan kesempatan bagus untuk bisa berkuliah di Unesa untuk generasi muda yang memiliki prestasi di berbagai bidang.

Dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unesa ini menambahkan jalur ini termasuk yang spesial karena hanya bisa diikuti oleh mereka yang memiliki prestasi di bidang-bidang tertentu.

Dikutip dari laman Unesa, Selasa (13/6/2023), berbagai kelompok prestasi Unesa pada tahun ini sebagai berikut:

1. Prestasi Olahraga


Peserta yang pernah mengikuti kompetisi olahraga tingkat regional, nasional hingga internasional perorangan maupun kelompok bisa memanfaatkan kesempatan pada jalur tersebut. Pada jalur ini peserta tinggal menyertakan sertifikat prestasi saat melakukan pendaftaran.

2. Prestasi Seni


Peserta yang memiliki prestasi seni apapun, seperti seni tari, tarik suara, lukisan, seni dalam rancang bisa menggunakan jalur prestasi seni untuk masuk Unesa.

Baca juga: FE UNJ Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Program Magister Pendidikan Ekonomi 2023

Jalur ini tentu memudahkan peserta yang ingin kuliah di Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) utamanya prodi bidang seni seperti Desain Komunikasi Visual, Sendratasik, Seni Rupa, Seni Musik, dan lain-lain.

3. Prestasi Saintek dan Soshum


Peserta yang waktu di bangku SMA pernah meraih prestasi lomba yang berkaitan dengan sains dan teknologi atau sosial dan hukum termasuk bahasa dan seni bisa menggunakan jalur tersebut untuk mendaftar di Unesa.

4. Prestasi Kepemimpinan

Jalur ini khusus bagi peserta yang waktu SMA menjadi pengurus inti OSIS seperti ketua-wakil, sekretaris-wakil dan bendahara-wakil. Peserta nanti tinggal menunjukan surat keterangan OSIS.
Sebagai tambahan bisa juga menyertakan sertifikat prestasi yang diperoleh selama menjadi pengurus OSIS.

5. Prestasi MTQ


Jalur ini diperuntukan bagi peserta yang memiliki prestasi mengikuti lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) baik level kabupaten, nasional maupun internasional.

6. Prestasi Tahfidz


Jalur ini khusus peserta yang memiliki kemampuan hafalan Al-Qur'an atau penghafal Al-Qur'an. Peserta yang sudah menghafal 10 juz ke atas bisa menggunakan jalur ini untuk kuliah di Unesa.

Baca juga: UI akan Perluas Program Double Degree dengan Universitas Top Dunia di Inggris

7. Prestasi Buddha


Jalur terakhir ini diperuntukan bagi peserta yang beragama Buddha dan ingin kuliah di Unesa.

Jalur satu ini bisa dimanfaatkan bagi peserta yang aktif berkegiatan keagamaan atau pernah berprestasi dalam lomba-lomba keagamaan Buddha.

8. Prestasi Hindu

Bagi peserta yang beragama Hindu bisa memanfaatkan kesempatan kuliah di Unesa lewat jalur satu ini.
Dengan catatan tentu peserta aktif berkegiatan keagamaan atau pernah berprestasi dalam lomba-lomba keagamaan Hindu waktu SMA.

9. Prestasi Protestan


Bagi peserta yang aktif berkegiatan seperti menjadi pengurus gereja atau berprestasi dalam lomba-lomba keagamaan protestan bisa memanfaatkan jalur yang satu ini.

10. Prestasi Katolik


Jalur ini juga diperuntukan bagi peserta yang aktif berkegiatan atau memiliki prestasi lomba-lomba keagamaan Katolik. Peserta nanti tinggal menunjukan surat keterangan atau sertifikat.

11. Prestasi Pesantren


Jalur ini spesial untuk para peserta lulusan pesantren atau waktu di SMA sambil mondok di pesantren. Peserta tinggal menyertakan surat keterangan mondok. Nanti tesnya tidak jauh dari aktivitas dan pelajaran di pondok pesantren.

Sukarmin menambahkan, pada jalur prestasi ini peserta dapat memilih 2 prodi. Untuk yang memiliki prestasi olahraga, sebaiknya memilih prodi yang sesuai dengan prestasinya.

Kelulusan jalur ini didasarkan pada 2 hal. Pertama, tes tulis yang dilaksanakan secara online dari rumah masing-masing. Jadwal dan link soal didapatkan di kartu peserta.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1490 seconds (0.1#10.140)