Babak Final, Rektor UIN Jakarta Harap OASE PTKI II Dorong Riset dan Inovasi Perguruan Tinggi Islam

Rabu, 14 Juni 2023 - 14:19 WIB
loading...
Babak Final, Rektor UIN Jakarta Harap OASE PTKI II Dorong Riset dan Inovasi Perguruan Tinggi Islam
Babak final kompetisi Olimpiade Agama, Sains, dan Riset Perguruan Tinggi Kegamaan Islam (OASE PTKI) II 2023 resmi dimulai, Rabu (14/6/2023). Foto/Dok/Kemenag
A A A
JAKARTA - Babak final kompetisi Olimpiade Agama, Sains, dan Riset Perguruan Tinggi Kegamaan Islam atau OASE PTKI II 2023 resmi dimulai hari ini, Rabu (14/6/2023).

Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Asep Saepudin Jahar MA Ph.D berharap penyelenggaraan OASE PTKI mendorong pertumbuhan tradisi riset sains dan inovasi di lingkungan PTKI se-Indonesia.



Babak final OASE PTKI II 2023 sendiri ditandai prosesi pembukaan langsung oleh Menteri Agama RI Gus Yaqut Cholil Qoumas disaksikan Wakil Menteri Agama KH Dr. Zainut Tauhid Sa'adi M.Si, Dirjen Pendis Kemenag Prof. Dr. H. M. Ali Ramdhani MTP, dan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prof. Asep Saepudin Jahar MA Ph.D.

Turut menyaksikan pembukaan para pejabat Kementerian Agama RI, pimpinan dan sivitas akademika UIN Jakarta, dan para tamu undangan seperti Wali Kota Tangsel H. Benyamin Davnie dan lain-lain.

Dalam pembukaan babak final, Rektor Asep Jahar menyampaikan selamat datang kepada para peserta yang lolos ke babak final dan siap berkompetisi menjadi juara terbaik pada 25 cabang lomba yang digelar di OASE kali ini.



"Selamat datang kepada para delegasi dari seluruh PTKI se-Indonesia di UIN Jakarta. Sebagai tuan rumah, kami menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya apabila pelayanan kami kurang memuaskan. Namun kami berharap semua merasa nyaman selama berada di sini,” ujarnya.

Rektor juga menyampaikan apresiasi kepada para peserta yang berhasil masuk babak final. “Kita doakan semoga adik-adik berhasil mencapai posisi terbaik di ajang ini, mengukir prestasi yang membanggakan di bidang lomba masing-masing,” paparnya.

Rektor Asep Jahar juga berharap para peserta OASE yang tidak mencapai babak ini untuk terus bersemangat mencatatkan prestasi masing-masing.

“Bagi adik-adik mahasiswa yang belum berhasil lolos ke babak ini, kami berpesan, jangan menyerah. Tetap bersemangat untuk mencatatkan prestasi terbaik. Kesempatan untuk mencatatkan prestasi masih luas terbentang,” tambahnya.

OASE PTKI sendiri, sambungnya, merupakan momentum penting dan bersejarah bagi sivitas akademika Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). Untuk itu, Rektor Asep Jahar menyampaikan apresiasi dan terimakasih sivitas akademika UIN Jakarta atas kepercayaan Kementerian Agama yang mempercayakan pelaksanaan OASE PTKI II 2023 di UIN Jakarta.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Bapak Menteri Agama RI, Bapak Gus Yaqut Cholil Qoumas yang telah mempercayakan acara OASE ini diadakan di UIN Jakarta,” ucapnya.

Terkait kepercayaan yang diberikan, Rektor Asep Jahar mengungkapkan, UIN Jakarta terus berusaha semaksimal mungkib agar seluruh tahapan kegiatan di babak final yang dijadwalkan berlangsung selama hari Rabu-Jumat 14 s.d 16 Juni 2023 berjalan lancar.

Lebih jauh, Rektor Asep Jahar menilai, penyelenggaraan OASE PTKI menjadi hal relevan dalam menumbuhkan tradisi riset dan inovasi yang kuat di bidang keislaman, sains dan riset mahasiswa di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam.

”Ajang kompetisi ini dapat meningkatkan semangat adik-adik mahasiswa untuk terus mengembangkan keilmuannya,” sebutnya.

Rektor Asep Jahar menambahkan, hasil ajang OASE PTKI II 2023 diharapkan terus mengembangkan tradisi keilmuan berbasis keagamaan, sains, dan riset di lingkungan PTKI.

“Hasil dari olimpiade ini diharapkan dapat terus mendorong semangat dan reputasi PTKI dalam mengembangkan ilmunya, baik ilmu yang berbasis keagamaan, sains, dan teknologi,” lanjutnya.

Selain itu, kegiatan OASE juga diharap terus mendongkrak reputasi PTKI dalam pengembangan keilmuan berbasis keagamaan, sains, dan teknologi di tataran global.

“Diharapkan ke depan reputasi dan rekognisi PTKI di Indonesia dan di dunia,” pungkasnya.

Keterangan resmi panitia pelaksana menyebutkan, pelaksanaan babak final sendiri bakal digelar sepanjang hari Rabu-Jumat, 14-17 Juni 2023 ini di lingkungan kampus UIN Jakarta. Sepanjang waktu ini, ratusan peserta yang merupakan mahasiswa dari berbagai PTKI se-Indonesia berebut tempat menjadi terbaik pada 25 cabang yang dilombakan.

Ke-25 cabang lomba itu antara lain lomba Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Literasi Inovasi Teknologi, Nano Teknologi dan Kesehatan, produk Halal dan Ketahanan Pangan, dan lomba Iklim, Limbah, Lingkungan dan Sumber Daya Terbarukan.

Selanjutnya, Lomba Sosial Keagamaan, lomba Media Pembelajaran, Lomba Desain Arsitektur Islam, Lomba Astronomi/Ilmu Falak, dan lomba Robotik dan Programming.

Lalu, lomba karya Tulis al-Quran, lomba Business Plan, Lomba Debat Bahasa Inggris, lomba debat bahasa Arab, dan lomba Debat Konstitusi.

Selanjutnya, lomba Qiraatul Kutub Putra, Qiraatul Kutub Putri, lomba fahmil Quran, lomba Story Telling, lomba Da’i Putra, lomba Da’i putri, dan lomba Psikologi.

Sebelumnya dalam rapat hasil Pleno Dewan Juri OASE PTKI II se-Indonesia pada 29-31 Mei 2023 di Jakarta ditetapkan sejumlah peserta yang dinyatakan lolos melewati babak penyisihan. Babak penyisihan sebelumnya dilaksanakan pada 22-26 Mei 2023 secara daring menggunakan Comupters Based Test (CBT), Virtual Meeting, dan aplikasi penjurian.

Rincian peserta yang masuk ke babak final antara lain 22 peserta lulus dari 117 peserta lomba matematika, 22 peserta dari 96 peserta lomba Fisika, 24 peserta dari 86 peserta lomba Kimia, 22 peserta dari 107 peserta lomba Biologi.

Lalu, 10 tim dari 25 tim Literasi Inovasi Teknologi, 10 tim dari 16 tim lomba Nano Teknologi dan Kesehatan, 10 tim dari 35 lomba produk Halal dan Ketahanan Pangan, dan 10 tim dari 31 Tim lomba Iklim, Limbah, Lingkungan dan Sumber Daya Terbarukan.

Selain itu, babak final juga diikuti tim dan peserta yang lolos seperti 10 tim dari 41 tim Lomba Sosial Keagamaan, 10 tim dari 22 tim lomba Media Pembelajaran, 10 Tim dari 22 Tim Lomba Desain Arsitektur Islam, 10 Tim dari 21 Tim peserta Lomba Astronomi/Ilmu Falak, 10 tim dari 14 Tim lomba Robotik dan Programming.

Lalu, 10 tim dari 48 tim lomba karya Tulis al-Quran, 10 tim dari 46 tim lomba Business Plan, 12 tim dari 56 tim Lomba Debat Bahasa Inggris, 12 tim dari 53 tim lomba debat bahasa Arab, 12 tim lomba dari 48 tim lomba Debat Konstitusi.

Selanjutnya, 10 peserta dari 54 peserta lomba Qiraatul Kutub Putra, 10 peserta dari 43 peserta Qiraatul Kutub Putri, 12 tim dari 62 tim peserta lomba fahmil Quran, 10 peserta dari 54 peserta lomba Story Telling, 10 peserta dari 52 peserta lomba Da’i Putra, 10 peserta dari 55 peserta Da’i putri, dan 10 tim dari 54 tim lomba Psikologi.

Sementara itu, Ketua Panitia OASE PTKI II 2023 Prof. Ali Munhanif MA Ph.D mengungkapkan babak final digelar sesuai agenda yang telah ditetapkan dengan dilaksanakan pada sejumlah ruangan kelas dan laboratorium di sejumlah fakultas. Penyelenggaraan babak final juga didukung sarana prasarana seperti lokasi dan perangkat pendukung dengnan harapan lomba bisa dilakukan secara optimal.

“Dengan dukungan Kementerian Agama RI, UIN Syarif Hidayatullah berkomitmen agar penyelenggaraan ini bisa terselenggara dengan baik. Para mahasiswa peserta bisa nyaman mengikuti lomba. Terima kasih atas dukungan seluruh pihak dalam mendukung kelancaran babak final ini,” pungkasnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1435 seconds (0.1#10.140)