Webinar Perpustakaan MNC University Bahas Pentingnya Literasi Informasi bagi Perguruan Tinggi

Kamis, 15 Juni 2023 - 10:37 WIB
loading...
Webinar Perpustakaan MNC University Bahas Pentingnya Literasi Informasi bagi Perguruan Tinggi
Webinar Perpustakaan Universitas MNC bertema Strategi Penelusuran dan Literasi Informasi untuk Menunjang Proses Pembelajaran. Foto/MNC University.
A A A
JAKARTA - Perpustakaan MNC University menggelar webinar literasi informasi dengan tema “Strategi Penelusuran dan Literasi Informasi untuk Menunjang Proses Pembelajaran" yang diadakan secara virtual zoom meeting pada Rabu (14/6/2023). Webinar dihadiri dosen, tenaga pendidik, dan juga mahasiswa.

Webinar ini menjadi upaya PerpustakaanMNC Universityuntuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman sivitas akademika MNC University dalam literasi informasi.

Literasi informasi merupakan kemampuan untuk mencari, mengevaluasi, dan menggunakan informasi yang dibutuhkan secara efektif dan efisien. Pada hakikatnya, literasi informasi merupakan sebuah keterampilan yang diperlukan untuk mencari, menelusur, menganalisa, mengolah, dan menggunakan informasi.

Baca juga: Biar Tidak Tertipu, Begini Cara Mengecek Keaslian Ijazah Perguruan Tinggi

Menurut Pustakawan Ahli Madya Pusat Bibliografi dan Pengolahan Bahan Perpustakaan Nasional RI Triani Rahmawati mengatakan, strategi penelusuran informasi dan literasi informasi untuk proses pembelajaran sangat diperlukan untuk meningkatkan kemampuan dan menentukan strategi penelurusan informasi dan kemampuan untuk mengolah informasi (literasi informasi) tersebut.

Triani menjelaskan ada 5 tahapan dalam strategi penelusuran informasi, yakni identifikasi, akses, evaluasi, analisa, dan beretika. Setiap individu perlu melakukan dan memahami kelima tahapan tersebut dengan cara terus belajar dan melakukannya secara konsisten.

“Mengetahui dan tahu cara menentukan strategi penelusuran informasi secara baik dan benar, itu akan sangat berguna bagi diri sendiri maupun orang lain," jelas Triani, dalam keterangan resmi, Kamis (15/6/2023).

Baca juga: UNJ Gelar Festival Pantun untuk Lestarikan Budaya, Pecahkan Rekor MURI

Sementara itu, Pustakawan Perpustakaan MNC University, Fajar Alamsyah menyampaikan, seluruh sivitas akademika Universitas MNC perlu mengetahui cara paling efektif dalam mencari, mengelola, dan menggunakan informasi, baik untuk proses pembelajaran di kampus maupun untuk kehidupannya sehari-hari.

“Acara webinar literasi informasi ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan literasi informasi seluruh sivitas akademika Universitas MNC. Karena literasi informasi ini sangat penting, Perpustakaan Universitas MNC akan mengadakan acara serupa di kemudian hari”. Ungkap Fajar.

Diharapkan dengan adanya kegiatan webinar dan pemaparan materi yang baik dari narasumber dapat memberikan penjelasan bagaimana cara menentukan strategi penelusuran informasi dan meningkatkan kemampuan literasi informasi.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7014 seconds (0.1#10.140)