5 Fakta SMKN 2 Kasihan, Sekolahnya Putri Ariani Peraih Golden Buzzer AGT 2023

Kamis, 15 Juni 2023 - 15:08 WIB
loading...
5 Fakta SMKN 2 Kasihan, Sekolahnya Putri Ariani Peraih Golden Buzzer AGT 2023
5 fakta SMKN 2 Kasihan, sekolahnya Putri Ariani yang meraih Golden Buzzer di AGT 2023. Foto/SMKN 2 Kasihan.
A A A
JAKARTA - SMKN 2 Kasihan sedang naik pamornya seiring dengan keberhasilan salah satu siswanya yang memukau dunia di ajang America’s Got Talent (AGT). Berikut ini 5 fakta mengenai SMKN 2 Kasihan yang terletak di kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

SMKN 2 Kasihan saat ini dipimpin oleh Agus Suranto. Sebelumnya dia menyampaikan bahwa sekolah musik yang dia pimpin memang memiliki iklim yang kondusif untuk bakat dan talenta setiap peserta didiknya, termasuk Putri Ariani.

Putri saat ini bersekolah di SMKN 2 Kasihan dengan mengambil jurusan Musik Musik Instrumentak dengan spesialisasi flute. Dengan bakatnya yang mengagumkan di AGT, Putri pun diberikan beasiswa untuk melanjutkan kuliah ke kampus impiannya, Juilliard School.

Dikutip dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi, berikut ini 5 fakta SMKN 2 Kasihan.

Baca juga: Membanggakan, Mahasiswi UPNVJ Raih Perak di Kejurnas Shorinji Kempo

1. Berdiri Sejak 1951


SK Mendikbud Nomor 036/0/1997 menyebutkan nama resmi yang disandang sekolah ini adalah, SMKN 2 Kasihan, Bantul, D.I. Yogyakarta.

Akan tetapi, sekolah yang lahir atas kebutuhan akan musik orkestra Keraton Yogyakarta ini, dahulu dikenal dengan nama Sekolah Menengah Musik (SMM) Yogyakarta.

Dengan akar sejarah yang kuat, sekolah yang berdiri sejak 1951 ini bisa dibilang "Kawah Candradimuka" bagi calon musisi, khususnya musik klasik. “Kami memang khusus musik klasik,” kata Agus, dikutip Kamis (15/6/2023).

2. Banyak Mencetak Musisi Hebat Tanah Air


Sebagai kawah candradimuka bagi calon musisi, sekolah ini telah melahirkan banyak musisi-musisi hebat Indonesia. Maestro biola Idris Sardi merupakan angkatan pertama sekolah ini.

Selain Idris Sardi, SMKN 2 Kasihan juga telah melahirkan sejumlah musisi terkenal lainnya, seperti grup musik Shaggydog dan Endank Soekamti, dan sebagainya.

3. Sekolah Musik Kerajaan Inggris adalah Mitranya

Baca juga: Bertemu Nadiem, Mimpi Putri Ariani ke Juilliard School akan Terwujud dengan Beasiswa

Nama besar SMKN 2 Kasihan tidak hanya di Indonesia, tetapi sudah ke mancanegara. Karenanya SMKN 2 Kasihan dapat menjaring berbagai kemitraan, termasuk dengan lembaga di luar negeri.

Salah satunya adalah dengan Associated Board of The Royal School of Music (ABRSM) yakni sebuah lembaga pendidikan musik milik kerajaan Inggris yang setiap tahunnya mengadakan kunjungan ke SMKN 2 Kasihan.

Kerja sama dengan ABRSM menyangkut pada dukungan kurikulum dan sumber belajar seperti buku-buku referensi untuk musik klasik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6476 seconds (0.1#10.140)