Ini Sederet Pengaruh IPK pada Dunia Pekerjaan, Para Mahasiswa Wajib Tahu

Kamis, 15 Juni 2023 - 17:05 WIB
loading...
Ini Sederet Pengaruh IPK pada Dunia Pekerjaan, Para Mahasiswa Wajib Tahu
Wawancara kerja fresh graduate. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) merupakan pencapaian seorang mahasiswa di bidang akademik. Tak sedikit mahasiswa yang belajar dengan keras agar bisa mendapatkan IPK yang tinggi bahkan terbaik.

Dengan memiliki IPK tinggi, banyak manfaat yang diraih oleh mahasiswa , mulai dari mendapatkan peluang kerja hingga kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya.



Di dunia kerja, nilai IPK yang baik dianggap memiliki pengaruh. Berikut beberapa pengaruh IPK pada dunia pekerjaan.


Beberapa pengaruh IPK pada dunia pekerjaan:


1. Syarat Awal

IPK merupakan salah satu persyaratan yang dicantumkan dalam lowongan kerja CPNS, rekrutmen BUMN, dan lowongan kerja yang dibuka oleh berbagai perusahaan lainnya.

IPK menjadi penilaian awal oleh HRD perusahaan terhadap kompetensi teknis sebelum kandidat dipanggil untuk mengikuti proses selanjutnya.

Seorang kandidat dengan IPK tinggi akan dipandang memiliki pemahaman teori dan aplikasi yang sangat baik. Oleh karena itu, memiliki IPK tinggi merupakan poin plus pelamar kerja.

Meskipun ada beberapa perusahaan yang tidak terlalu mementingkan nilai IPK, namun rata-rata perusahaan besar dan bertaraf internasional sangat memperhatikan IPK calon kandidatnya.


2. Menunjukkan Dedikasi

Memiliki nilai IPK tinggi menunjukkan bahwa seseorang memiliki dedikasi yang tinggi saat mengenyam pendidikan.

Ia berdedikasi terhadap pendidikannya sehingga rela mengorbankan waktu, pikiran, dan tenaga untuk belajar dan menguasai ilmu yang dipelajari, sehingga dapat meraih IPK dengan nilai di atas rata-rata.

Hal tersebut tentu menjadi nilai lebih yang dilihat oleh HRD atau perekrut. Dengan begitu, kandidat dengan IPK tinggi juga diharapkan memiliki semangat dan dedikasi yang sama saat bekerja di perusahaan.


3. Adanya Tanggung Jawab

Kandidat yang mempunyai IPK tinggi tentunya merupakan kebanggaan tersendiri, baik bagi pribadi, keluarga, maupun perusahaan tempatnya bekerja kelak.

Di balik nilai IPK yang tinggi tersebut, tercermin rasa tanggung jawab yang tinggi pula atas pendidikan yang dijalaninya di perguruan tinggi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2721 seconds (0.1#10.140)