Mahasiswa UI Borong 3 Medali Ajang National University Debating Championship 2023

Jum'at, 16 Juni 2023 - 16:28 WIB
loading...
Mahasiswa UI Borong 3 Medali Ajang National University Debating Championship 2023
Dua mahasiswa UI berhasil meraih predikat Overall Best Speaker dan 2nd Best Speaker pada ajang National University Debating Championship (NUDC) 2023. Foto/Dok/UI
A A A
JAKARTA - Dua mahasiswa Universitas Indonesia (UI), Justin Gabriel Wibisono dan Hezron Kowardi, berhasil meraih predikat Overall Best Speaker dan 2nd Best Speaker pada ajang National University Debating Championship ( NUDC ) 2023.

Kegiatan yang berlangsung di Kampus Untirta, Serang, pada 6–11 Juni 2023 ini telah diikuti 112 tim dari berbagai perguruan tinggi di 16 wilayah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI).



Berkat performa yang baik selama babak penyisihan (preliminary rounds), keduanya juga mendapatkan gelar Roderick Sibarani Award. Gelar ini didapatkan atas keberhasilan keduanya mengumpulkan VPs (Victory Points) dan Speaker Score tertinggi, yaitu 25 dari 27 poin kemenangan.

NUDC merupakan kompetisi debat bahasa Inggris antar perguruan tinggi berskala nasional yang diikuti lebih dari 500 institusi pendidikan di seluruh Indonesia.

Semua tim ini akan ikut dalam seleksi regional dan tim yang menduduki peringkat teratas akan memperoleh kesempatan untuk masuk ke dalam NUDC Nasional.



Kompetisi ini diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional dan Balai Pengembangan Talenta Indonesia setiap tahunnya dengan menggunakan format debat parlemen.

Kegiatan ini tidak hanya menuntut mahasiswa untuk mampu mengungkapkan ide dalam bahasa Inggris, tetapi juga mampu menguasai pengetahuan global, menganalisis, membuat judgement, dan meyakinkan publik.

Ada dua kategori perlombaan yang dikompetisikan di ajang ini, yaitu open category dan novice category. Open category merupakan kategori lomba yang yang dikompetisikan oleh semua peserta, sedangkan novice category diperuntukkan bagi novice speakers, yaitu debater yang belum pernah maju ke babak eliminasi dalam lomba tingkat nasional ataupun internasional.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2548 seconds (0.1#10.140)