Besok Pengumuman SNBT 2023, Lawan Pikiran Negatifmu dengan Afirmasi Positif

Senin, 19 Juni 2023 - 09:36 WIB
loading...
Besok Pengumuman SNBT 2023, Lawan Pikiran Negatifmu dengan Afirmasi Positif
Menjelang pengumuman SNBT 2023 banyak pejuang kuliah yang deg-degan hingga muncul pikiran negatif. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Besok hasil SNBT 2023 akan diumumkan secara online. Pasti banyak calon mahasiswa baru yang merasa deg-degan hingga muncul pikiran-pikiran negatif yang bisa dilawan dengan afirmasi positif.

Diketahui, pengumuman hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) akan diumumkan besok, Selasa (20/6/2023) pukul 15.00 di laman resmi SNPMB dan sejumlah laman mirror.

Pikiran-pikiran negatif seperti, aku bakal lolos UTBK SNBT ngga ya?, apakah perjuanganku kemarin di UTBK sudah maksimal?, bagaimana jika tidak bisa kuliah tahun ini?, dan pikiran negatif lainnya bisa bermunculan menjelang pengumuman UTBK SNBT 2023.

Sebetulnya sah-sah saja jika memang kalian kepikiran seperti itu. Namun jangan sampai overthinking karena bisa berpengaruh negatif ke dirimu sendiri.

Baca juga: 14 Universitas di Indonesia dengan Jurusan Teknik Sipil Terbaik di THE 2023

Salah satu cara mengalahkan pikiran negatif ialah dengan menggunakan afirmasi positif. Bagaimana caranya? Berikut ini informasinya yang dikutip dari Instagram Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) Kemendikbudristek.

Afirmasi


Afirmasi merupakan pernyataan positif yang bisa digunakan untuk mengubah pikiran bawah sadar dan mendorong kepercayaan diri pada seseorang.

Kalian bisa menggunakan afirmasi diri positif dengan cara menanamkan pernyataan-pernyataan positif yang ditujukan untuk diri sendiri sehingga bisa mempengaruhi persepsi yang lebih positif.

Contoh kalimat afirmasi yang bisa kalian tanamkan untuk mengubah persepsi.

1. Aku yakin bisa masuk kampus impianku
2. Aku yakin bisa lolos SNBT
3. Tahun ini aku bisa jadi mahasiswa baru PTN
3. Aku akan memakai almameter impianku tahun ini
4. Jakarta, tunggu aku di kotamu
5. UGM, im coming.

Baca juga: Menuju Rekrutmen CPNS 2023, Ini 4 Jurusan Kuliah yang Cepat Jadi PNS

Cara Melakukan Afirmasi Positif


1. Tuliskan afirmasi positifmu di potongan kertas kecil atau post-it, tempelkan di tempat-tempat kalian sering menghabiskan waktu. Misal di kamar tidur, cermin, meja belajar, meja makan, dan lain sebagainya. Dengan cara ini kalian bisa mendapat pesan positif sepanjang hari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2018 seconds (0.1#10.140)