Hasil SNBT 2023 Banyak Mahasiswa Pilih Lintas Jurusan, Ini Solusi dari Rektor Unair

Selasa, 20 Juni 2023 - 22:56 WIB
loading...
Hasil SNBT 2023 Banyak Mahasiswa Pilih Lintas Jurusan, Ini Solusi dari Rektor Unair
Rektor Unair Prof Mohammad Nasih menjelaskan dari total 2.672 mahasiswa baru, 33 di antaranya merupakan siswa-siswi lintas jurusan. Foto/MPI/Aan Haryono
A A A
JAKARTA - Rektor Universitas Airlangga ( Unair ) Prof Mohammad Nasih menjelaskan bahwa dari total 2.672 mahasiswa baru, 33 di antaranya merupakan siswa-siswi lintas jurusan. Beberapa dari mereka memilih program studi yang sama sekali berbeda dengan penjurusan saat SMA.

Menyiasati hal tersebut, Unair memberikan beberapa solusi bagi mahasiswa baru lintas jurusan . Pertama, mahasiswa lintas jurusan harus memberikan keterangan minimal nilai akhir mata pelajaran yang sesuai dengan kebutuhan program studi.



“Jadi, nanti mahasiswa yang akan melakukan daftar ulang harus memberikan keterangan nilai mata pelajaran di SMA yang sesuai dengan mata kuliah di program studinya. Misalnya jika di FKG, maka mereka harus memberi keterangan nilai biologi dan kimia, dan seterusnya,” kata Prof Nasih, Selasa (20/6/2023).

Selain itu, Unair juga memberikan fasilitas berupa matrikulasi bagi mahasiswa lintas jurusan. Mahasiswa lintas jurusan harus memenuhi batas minimal nilai dalam matrikulasi sebelum mengikuti perkuliahan. Hal itu, kata Prof Nasih, bertujuan untuk meminimalisasi risiko yang akan terjadi, khususnya saat studi berlangsung.

Pada akhir, Prof Nasih juga mengimbau para calon mahasiswa baru agar segera bersiap untuk melakukan daftar ulang. Calon mahasiswa baru (camaba) dapat mengakses seluruh informasi terkait persyaratan dan ketentuan pada laman Unair.



“Bagi para calon mahasiswa baru, dimohon agar segera mempersiapkan dokumen dan persyaratan lainnya untuk daftar ulang. Semua ketentuan secara detailnya bisa diakses di laman https://snbt.unair.ac.id/count.html ,” katanya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2024 seconds (0.1#10.140)