3 Universitas di Indonesia Ini Kerja Sama dengan Pusat Penelitian Pertanian Australia

Rabu, 21 Juni 2023 - 19:00 WIB
loading...
3 Universitas di Indonesia Ini Kerja Sama dengan Pusat Penelitian Pertanian Australia
IPB University. Foto/Dok/IPB
A A A
JAKARTA - Kerja sama pada bidang penelitian dan pengembangan adalah hal penting yang wajib dilakukan oleh universitas di Indonesia dengan kampus-kampus lainnya.

Bukan hanya dengan kampus lain di Indonesia, kerja sama juga bisa dilakukan dengan pihak asing, seperti dengan Pusat Penelitian Pertanian Internasional Australia atau Australian Centre for International Agricultural Research (ACIAR).



Deretan universitas di Tanah Air yang bekerja sama dengan ACIAR.


1. IPB University

Kampus terbaik di Asia Tenggara pada bidang pertanian dan kehutanan, IPB University, bekerja sama dengan ACIAR. Penandatanganan nota kesepahaman antara kedua belah pihak dilakukan di kampus IPB Taman Kencana pada 15 Juni 2023.

Dengan adanya kerja sama tersebut, IPB University terus berkomitmen untuk berkontribusi mendukung lingkungan dan masyarakat melalui pembangunan pertanian.


2. Universitas Gadjah Mada

Selain IPB University, ACIAR juga menjalin kerja sama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM). Melansir laman resmi UGM, pihak ACIAR sudah melakukan kunjungan ke kampus pada 16 - 18 Mei 2022.

Keduanya bekerja sama di bidang pendidikan dan penelitian terkait tanaman jeruk di Australia. Pada 2019, UGM melalui Fakultas Pertanian juga melakukan kerja sama dengan University of Queensland dan Queensland Department of Agriculture, Fisheries, and Forestry, Australia.

Kerja sama yang dilakukan adalah dengan mengadakan acara End of Project Showcasing ACIAR. Dalam kegiatan ini, ditinjau pula penelitian-penelitian hasil kolaborasi ACIAR dan membahas penelitian selanjutnya.

Kerja sama ini diharapkan mampu meningkatkan produktivitas petani di 3 komoditas unggulan, yakni cabai, bawang merah, dan bawang putih. Diketahui, komoditas ini sangat penting, baik di Indonesia maupun Australia.


3. Universitas Udayana

Universitas Udayana (Unud) di Bali juga tak ketinggalan menjalin kerja sama dengan ACIAR. Mengutip laman resmi Unud, nota kesepahaman ditandatangani pada 13 Juni 2023 di Kedutaan Besar Australia, Jakarta.

Bagi Unud, kerja sama yang berfokus pada bidang riset pertanian ini bisa menjadi sarana pengembangan SDM (sumber daya manusia) di Indonesia.

Selain itu, Unud juga berharap mampu menjalin hubungan yang lebih erat lagi dengan universitas bergengsi di Australia, seperti University of Adelaide.

Selain 3 kampus di atas, ACIAR juga menjalin kerja sama dengan beberapa kampus lain di Indonesia. Ketiga kampus tersebut adalah Universitas Mataram (Lombok), Universitas Diponegoro (Semarang) dan Universitas Sam Ratulangi (Manado).
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1434 seconds (0.1#10.140)