Program Wirausaha Merdeka Angkatan 2 akan Terima 12.000 Mahasiswa

Kamis, 22 Juni 2023 - 14:12 WIB
loading...
Program Wirausaha Merdeka Angkatan 2 akan Terima 12.000 Mahasiswa
Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim pada peluncuran Wirausaha Merdeka Angkatan 2 2023. Foto/Kemendikbudristek.
A A A
JAKARTA - Kemendikbudristek kembali meluncurkan program Wirausaha Merdeka Angkatan Kedua 2023. Salah satu program MBKM ini akan menerima 12.000 mahasiswa yang bisa mengikuti program ini.

Pada angkatan pertamanya, Program Wirausaha Merdeka melibatkan 17 Perguruan Tinggi terpilih yang memiliki bidang, lembaga, atau inkubator kewirausahaan dan bisnis sebagai Perguruan Tinggi Pelaksana.

Sebanyak 11.716 mahasiswa dari 87 Perguruan Tinggi Negeri dan 366 Perguruan Tinggi Swasta di seluruh Indonesia terdaftar sebagai peserta untuk mengikuti kegiatan pembelajaran selama satu semester di 17 Perguruan Tinggi Pelaksana tersebut.

Pada pelaksanaan angkatan kedua, Program Wirausaha Merdeka menargetkan 12.000 mahasiswa untuk bergabung dan belajar di 34 Perguruan Tinggi Pelaksana (PTP) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Angka ini meningkat dibanding angkatan pertama yang bertujuan untuk memperluas dampak pelaksanaan program ini secara lebih merata.

34 PTP yang terpilih sudah melalui rangkaian tahap seleksi yang sudah dilaksanakan sejak Maret lalu dengan berbagai persyaratan yang diharapkan mampu memilih perguruan tinggi terbaik yang bisa dihadiri oleh mahasiswa.

Baca juga: UPN Yogya Terima 2.683 Mahasiswa Baru Jalur SNBT 2023, Intip Daftar Prodi Terketatnya

Sebagai program yang ada di bawah kerangka kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Program Wirausaha Merdeka difokuskan untuk memberikan ruang pembelajaran inovatif di luar kelas perkuliahan untuk mendorong peningkatan kompetensi mahasiswa untuk menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) unggul selepas lulus.

“Kita membuktikan dengan memberikan ruang yang lebih luas mahasiswa akan tergerak untuk berkreasi dan berkarya,” ujar Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim, melalui siaran pers, Kamis (22/6/2023).

Pelaksanaan berbagai program MBKM, termasuk Program Wirausaha Merdeka, menurut Nadiem didasarkan pada tuntutan di mana mahasiswa Indonesia kini harus memiliki pengetahuan dan keterampilan multidisiplin agar dapat menjawab tantangan serta persaingan saat ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1863 seconds (0.1#10.140)