UGM Terima 2.826 Mahasiswa Baru Lewat SNBT 2023, Apa Jurusan Paling Diminati?

Jum'at, 23 Juni 2023 - 07:54 WIB
loading...
UGM Terima 2.826 Mahasiswa Baru Lewat SNBT 2023, Apa Jurusan Paling Diminati?
UGM menerima 2.826 calon mahasiswa baru melalui SNBT 2023. Foto/UGM.
A A A
JAKARTA - Pada pengumuman SNBT 2023, UGM menerima 2.826 calon mahasiswa baru Program Sarjana dan Program Sarjana Terapan. Total pendaftar SNBT ke UGM mencapai 59.412 peserta.

Wakil Rektor UGM Bidang Pendidikan dan Pengajaran, Prof. Dr. Wening Udasmoro menyampaikan selamat kepada para peserta Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023 yang berhasil diterima di UGM.

“Kalian telah bekerja keras untuk bisa memperoleh kesempatan belajar di UGM, tentu kami harap komitmen yang sama bisa kalian tunjukkan selama menjalani studi nantinya,” katanya, dikutip dari laman UGM, Jumat (23/6/2023).

Dari total calon mahasiswa yang diterima, 533 di antaranya merupakan peserta Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, atau sekitar 18.9%. Hal ini, menurut Wening, menunjukkan inklusivitas UGM bagi calon mahasiswa dari berbagai latar belakang sosial ekonomi.

Baca juga: 1.195 Calon Mahasiswa Ikuti Ujian Masuk UGM di Medan, Ini Harapan Gubernur Sumut

“Calon mahasiswa yang berasal dari keluarga dengan tingkat ekonomi rendah punya kesempatan yang sama untuk berkuliah di UGM dan memperoleh pendidikan yang terbaik,” kata Wening.

Jurusan Kuliah Paling Diminati

Dilihat berdasarkan jumlah pendaftar, jurusan kuliah yang paling diminati adalah Kedokteran, Farmasi, Teknologi Informasi, Kedokteran Gigi, dan Kehutanan untuk bidang Saintek.

Lalu untuk bidang sosial humaniora atau soshum, jurusan yang paling diminati adalah Psikologi, Hukum, Manajemen, Akuntansi, dan Ilmu Komunikasi.

Sedangkan berdasarkan perbandingan jumlah pendaftar dan peserta lolos seleksi, program studi paling kompetitif adalah Kedokteran, Teknologi Informasi, Ilmu Komputer, Gizi, dan Manajemen Informasi Kesehatan untuk bidang Saintek.

Kemudian bidang soshum itu persebarannya di Ilmu Komunikasi, Ilmu Hubungan Internasional, Psikologi, Manajemen, dan Pariwisata.

Baca juga: 3.466 Calon Mahasiswa Baru Diterima di UM melalui UTBK-SNBT, Cek Link untuk Daftar Ulang

SNBT sendiri merupakan satu dari tiga jalur penerimaan mahasiswa baru program diploma dan program sarjana pada perguruan tinggi negeri. Jalur seleksi ini berfokus pada pengukuran kemampuan penalaran dan pemecahan masalah melalui tes skolastik yang mengukur empat hal yaitu potensi kognitif, penalaran matematika, literasi dalam bahasa Indonesia, dan literasi dalam bahasa Inggris.

Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus seleksi jalur SNBT selanjutnya wajib melakukan registrasi melalui laman simaster.ugm.ac.id selambat-lambatnya pada tanggal 30 Juni 2023 dan melakukan pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) pada tanggal 6-12 Juli 2023.

Apabila calon mahasiswa tidak mengikuti kedua tahapan tersebut hingga batas waktu yang ditentukan, ia dianggap melepaskan haknya sebagai calon mahasiswa UGM Tahun Akademik 2023/2024.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1088 seconds (0.1#10.140)