Gagal di SNBT 2023? Pendaftaran Sarjana Terapan Unpad Masih Dibuka

Jum'at, 23 Juni 2023 - 08:11 WIB
loading...
Gagal di SNBT 2023? Pendaftaran Sarjana Terapan Unpad Masih Dibuka
Unpad masih membuka pendaftaran seleksi mandiri sarjana terapan hingga 25 Juli 2023. Foto/Unpad.
A A A
JAKARTA - Unpad masih membuka peluang penerimaan mahasiswa baru program Sarjana Terapan . Pendaftaran untuk Sarjana Terapan Unpad dibuka hingga 25 Juli 2023.

Tahun ini daya tampung Program Sarjana Terapan Universitas Padjadjaran (Unpad) mencapai sekitar 1.000 orang untuk 14 program studi.

“Kalau total daya tampungnya itu sekitar 900 lebih, hampir 1.000 calon mahasiswa yang masuk ke program Sarjana Terapan Unpad. Jadi peluangnya besar ya bagi yang ingin bergabung di Unpad melalui program Sarjana Terapan,” kata Kepala Kantor Pendidikan Vokasi Dina Sartika, dikutip dari laman Unpad, Jumat (23/6/2023).

Dia menjelaskan, kurikulum di program Sarjana Terapan Unpad dibangun dengan melibatkan industri dan mengacu kepada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) sehingga lulusannya pun akan belajar sesuai kebutuhan dunia industri.

Baca juga: Segini Besaran Biaya Kuliah UNY Jalur Mandiri 2023, Lengkap Semua Jurusan!

Lebih Banyak Belajar Praktik


Menurutnya, berbeda dengan pendidikan Sarjana (S1) yang banyak belajar teori, pendidikan di Sarjana Terapan didominasi oleh praktik. “Jadi sekitar 30-40% itu belajar teori, dan selebihnya, 60-70% itu belajar praktik baik di lab maupun di lapangan,” ujarnya.

Selain mendapat ijazah, lulusan Sarjana Terapan Unpad juga akan dibekali dengan sertifikasi kompetensi yang diakui Badan Nasional Sertifikasi Kompetensi sesuai dengan bidang yang digeluti.

“Itu semacam pengakuan dari pihak luar bahwa Anda memiliki kompetensi di bidang yang Anda geluti,” ujar Dina.

Jadwal Pendaftaran


Pendaftaran Panitia SMUP 2023 Irma Nuraini menerangkan, pendaftaran Sarjana Terapan Unpad dilakukan melalui seleksi mandiri. Pendaftar dapat memilih dua skema, yaitu skema nilai UTBK 2023 atau nilai ujian SMUP.

Baca juga: Pengumuman SNBT 2023, Dua Jurusan Ini Paling Diminati di Universitas Brawijaya

Irma pun menekankan pentingnya memperhatikan jadwal pendaftaran dan ujian. Pendaftaran untuk Sarjana Terapan Unpad dapat dilakukan hingga 25 Juli 2023.

Namun khusus bagi pemilih skema nilai ujian SMUP, pendaftar diharuskan mendaftar hingga 26 Juni 2023. Ujian SMUP akan dilaksanakan daring pada 8-10 Juli 2023. Ujian ini akan diikuti oleh pendaftar seleksi mandiri jenjang S-1 dan Sarjana Terapan.

“Ujian SMUP hanya dilaksanakan sekali yang hasil tes bisa digunakan untuk mendaftar ke sarjana S-1 atau Sarjana Terapan,” jelas Irma.

Materi yang diujikan adalah Tes Kemampuan Belajar, dan tidak ada materi tes mata pelajaran. Peserta yang lulus adalah mereka yang memiliki nilai tertinggi sesuai kuota atau daya tampung setiap prodi.

“Jadi kita urut nilainya. Nilai tertinggi itulah yang dapat lulus di program Sarjana Terapan,” pungkasnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4216 seconds (0.1#10.140)