2 Prodi Baru Disediakan Jalur Mandiri ITS, Salah Satunya Pertama di Indonesia

Jum'at, 23 Juni 2023 - 08:26 WIB
loading...
2 Prodi Baru Disediakan Jalur Mandiri ITS, Salah Satunya Pertama di Indonesia
ITS membuka dua prodi baru yang bisa didaftar melalui jalur mandiri. Foto/Dok/Humas ITS.
A A A
JAKARTA - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) membuka dua program studi baru jenjang sarjana (S1). Tersedia di jalur seleksi mandiri, salah satu prodi baru itu pun menjadi prodi pertama yang ada di Indonesia.

Dua prodi teranyar ITS tersebut adalah Prodi Sains Data sebagai pengembangan dari Prodi S1 Statistika dan Prodi Inovasi Digital yang merupakan pengembangan dari Prodi S1 Sistem Informasi.

Kedua prodi tersebut akan menerima mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Mandiri dengan kuota sebanyak 40 kursi untuk masing-masing prodi.

Prodi Inovasi Digital (prodi iD) yang berada di bawah naungan Departemen Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (FTEIC) ITS ini merupakan prodi yang pertama ada di Indonesia. Dibuka untuk tahun ajaran 2023 ini, ITS berusaha mewujudkan mimpi mahasiswa untuk bisa merintis bisnis nantinya.

Adapun prodi iD memiliki fokus pada keilmuan yang bertujuan untuk menciptakan, menyebarkan, dan memasarkan produk digital. Kedua bidang keilmuan ini dianggap penting dan saling terhubung dalam menghadapi tantangan masa depan yang penuh dengan ketidakpastian.

Baca juga: Gagal di SNBT 2023? Pendaftaran Sarjana Terapan Unpad Masih Dibuka

Mengenai fasilitas untuk prodi baru ini, menurut Kepala Departemen Sistem Informasi ITS Dr Mudjahidin, karena ilmu ini merupakan pengembangan dari disiplin ilmu Sistem Informasi (SI), maka di masa depan akan memanfaatkan laboratorium dan gedung yang sudah ada di Departemen SI.

Selain itu, dengan anggaran tambahan yang dialokasikan khusus untuk prodi ini, diharapkan dapat mendukung proses pembelajaran bagi calon mahasiswa yang berminat.

Tak luput dari perhatian, kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa pun telah disiapkan oleh tujuh inisiator pendiri Prodi iD sebagai pioner program studi sarjana multidisiplin di ITS. Salah satunya disampaikan oleh Ir Achmad Holil Noor Ali.

“Prodi ini akan memadukan program akademik, startup, dan pengalaman dunia nyata untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi generasi yang mau dan mampu berperan sebagai perintis bisnis digital, kreator produk digital dan growth hacker yang sukses,” beber dosen yang biasa disapa Holil ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1166 seconds (0.1#10.140)