7 Jurusan Kuliah yang Sering Dibutuhkan Perusahaan Media, Simak Daftarnya

Selasa, 27 Juni 2023 - 14:53 WIB
loading...
7 Jurusan Kuliah yang Sering Dibutuhkan Perusahaan Media, Simak Daftarnya
Terdapat sejumlah jurusan kuliah yang lulusannya sering dibutuhkan perusahaan media. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah jurusan kuliah yang lulusannya sering dibutuhkan perusahaan media . Salah satunya adalah jurusan jurnalistik.

Jurusan kuliah menjadi aspek penting yang perlu diperhatikan calon mahasiswa . Tak boleh asal memilih, Anda harus memikirkannya dengan cermat agar tidak menyesal di kemudian hari.

Dari sekian prospek pekerjaan yang tersebar, cukup banyak orang yang berkeinginan bekerja di perusahaan media. Untuk bisa mewujudkannya, Anda bisa masuk jurusan kuliah yang relevan dengan bidang tersebut.


Deretan Jurusan Kuliah yang Dibutuhkan Perusahaan Media

1. Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi menjadi salah satu jurusan yang cukup populer di perguruan tinggi. Dari sekian prospek kerja yang dimiliki lulusannya, salah satu pilihan bisa mengarah ke perusahaan media.

Bidang media menjadi tempat kerja yang relevan bagi lulusan Ilmu Komunikasi. Alasannya karena mahasiswa dari jurusan ini banyak belajar tentang cara menyampaikan pesan dan berita yang baik serta efektif.

Selain itu, mahasiswanya juga belajar hal lain seperti jurnalistik, penyiaran, periklanan, manajemen komunikasi, dan lain sebagainya. Sementara untuk posisi kerjanya sendiri, lulusan Ilmu Komunikasi di perusahaan media bisa menjadi penyiar televisi, penyiar radio, content writer, copywriter, dan lainnya.

2. Jurnalistik

Berbicara tentang jurusan Jurnalistik, salah satu prospek kerjanya yang relevan adalah di perusahaan media. Sebagai contoh, Anda bisa masuk ke media massa dan bekerja menjadi jurnalis.

Memiliki pengalaman belajar jurnalistik selama kuliah, Anda sudah memiliki bekal untuk nantinya membuat berita yang berimbang serta menyajikan informasi yang sesuai dengan data dan fakta.

3. Broadcasting

Meski tidak sepopuler jurusan lain, namun Broadcasting juga punya prospek kerja luas bagi para lulusannya. Dalam hal ini, contoh mudahnya adalah bekerja di berbagai perusahaan media.

Dengan bekal yang dimiliki selama kuliah, lulusan Broadcasting bisa menjadi penyiar berita, presenter, atau kameramen. Selain itu, mereka juga bisa menekuni karier di media massa, portal berita online, production house, dan lainnya.

4. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Berikutnya ada jurusan kuliah Desain Komunikasi Visual (DKV). Program studi ini merupakan bagian dari ilmu seni yang fokus pada elemen visual untuk menyampaikan pesan.

Di era digital, jurusan DKV terbilang menjanjikan karena lulusannya telah dinilai mampu mengoperasikan berbagai software untuk menggambar dan desain di perangkat digital.

Pada role yang cocok di perusahaan media, lulusan DKV bisa mengisi posisi seperti desain grafis, web designer, dan lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1741 seconds (0.1#10.140)