Tips Mengetahui Kapan SI Kecil Siap Masuk Pra Sekolah

Kamis, 29 Juni 2023 - 14:20 WIB
loading...
Tips Mengetahui Kapan SI Kecil Siap Masuk Pra Sekolah
Apabila anak sudah bisa menggunakan toilet sendiri, itu salah satu tanda bahwa anak Anda sudah siap masu pra sekolah untuk kali pertama. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Mempersiapkan anak untuk masuk sekaloh pertama kali penting diperhatikan orang tua. Seiring bertambahnya usia dan perkembangan anak balita, berbagai persiapan mulai orangtua lakukan, salah satunya masuk sekolah.

Tidak hanya pilihan sekolah yang harus orangtua pertimbangkan, tetapi juga faktor kesiapan si kecil. Berikut ini tips yang bisa orangtua lakukan untuk mengetahui kapan sebenarnya sang buah hati sudah siap masukpra sekolah kali pertama.


Waktu yang Tepat Mempersiapkan Anak Masuk Sekolah

Tips Mengetahui Kapan SI Kecil Siap Masuk Pra Sekolah

Foto/hellosehat

Di Indonesia, sekolah terbagi menjadi 4 tingkatan yaitu bermain, wajib dasar, menengah, dan tinggi. Waktu dan usia untuk memasukkan anak ke sekolah bisa berdasarkan keinginan anak untuk bersekolah.

Biasanya, anak usia 3-4 tahun akan mengungkapkan sendiri keinginannya untuk sekolah karena melihat teman atau saudaranya sudah mulai pergi ke sana. Anda bisa mempersiapkan anak masuk sekolah setingkat PAUD ketika si kecil sudah berada di usia 3-4 tahun.


Kapan Mengetahui Anak Sudah Siap Sekolah?


1. Anak Sudah Berani Berinteraksi dengan Orang Lain

Coba perhatikan, apakah anak sudah mengerti perintah sederhana, bisa menjawab jika ibu bertanya, meminta bantuan pada orang lain, atau bisa berkomunikasi secara jelas?



Jika sudah bisa, artinya anak sudah siap untuk masuk dunia prasekolah.Untuk membantu anak siap masuk prasekolah, sebaiknya latih anak untuk berani menjalin komunikasi dan berinteraksi dengan orang lain.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2148 seconds (0.1#10.140)