Ornamen Header
Jawab Tantangan Pendidikan, Sekolah Bina Bangsa hadirkan Sekolah Daring
Jawab Tantangan Pendidikan, Sekolah Bina Bangsa hadirkan Sekolah Daring
Bina Bangsa School (BBS) sebagai sekolah formal di Indonesia mengusung konsep 100 persen sekolah daring. Foto/BBS
JAKARTA - Pandemi Covid-19 memaksa sekolah beradaptasi sekaligus berlomba dalam menghadirkan kelas maya bagi para siswanya. Bukan tugas yang mudah ketika sekolah harus mengemas pembelajaran secara kreatif sembari membuat kelas berjalan secara interaktif.

Direktur Vox Point Indonesia Indra Charismiadji menilai, yang harus dimiliki guru untuk pembelajaran modern adalah adanya perpaduan materi dengan Learning Management System (LMS) sehingga anak bisa mengakses materi dimana dan kapanpun. Disertai dengan panduan menyelesaikan pembelajarannya dengan LMS tersebut.

Baca juga: Keren! Tim Robotik MAN 1 Yogyakarta Sabet Tiga Juara World Robot Games

Namun disisi lain guru harus bisa menjadi fasilitator, katanya, sehingga bisa membantu kebutuhan siswa di bidang yang dianggap sulit oleh siswa. Dalam hal ini maka guru pun tidak lagi sekedar mengajar atau membuat soal saja.



“Tapi guru lebih memperhatikan bagaimana perkembangan anak melalui LMS dan akan memberi bantuan dan motivasi. Ini yang harus dimiliki guru untuk melaksanakan pembelajaran modern,” katanya pada soft launching Bina Bangsa School Online.

Menurut Indra, ke depan tantangan di dunia pendidikan akan semakin dinamis sehingga diperlukan terobosan untuk menghadapinya. Salah satu terobosan ialah adanya sekolah virtual yang akan mempersiapkan siswa di era digital.
halaman ke-1
TULIS KOMENTAR ANDA!