Pendaftaran Sarjana Terapan Unpad Masih Dibuka, Cek 14 Jurusan dan Peluang Kerjanya

Minggu, 02 Juli 2023 - 09:27 WIB
loading...
Pendaftaran Sarjana Terapan Unpad Masih Dibuka, Cek 14 Jurusan dan Peluang Kerjanya
Pendaftaran Sarjana Terapan Unpad masih dibuka hingga 25 Juli 2023. Foto/Unpad.
A A A
JAKARTA - Bagi mahasiswa yang ingin kuliah di Unpad , masih ada peluang mendaftar ke Sarjana Terapan yang masih buka hingga 25 Juli 2023. Sebanyak 14 jurusan atau program studi bisa dipilih calon mahasiswa.

14 program studi (prodi) sarjana terapan Universitas Padjadjaran (Unpad) tersebar di sejumlah fakultas di perguruan tinggi negeri (PTN) yang dipimpin Prof Rina Indiastuti ini.

Berikut pengenalan 14 prodi yang disampaikan ketua program studi maupun perwakilan fakultas mengenai informasi dan karakteristik masing-masing prodi, dikutip dari laman resmi Unpad.

MengenalProdi Sarjana Terapan Unpad

1. Fakultas Kedokteran


Dalam talkshow Ayo Kenal Unpad Edisi Program Studi Sarjana Terapan, Ketua Program Studi Kebidanan Dr. Ahmad Yogi Pramatirta hadir menjadi pembicara.

Program studi ini bertujuan menghasilkan bidan untuk kemaslahatan masyarakat melalui pendidikan dan penelitian.

Prodi Kebidanan merupakan salah satu prodi Sarjana Terapan Kebidanan pertama di Indonesia dan masih menduduki sebagai prodi terbaik di Indonesia.

Prodi Kebidanan terdiri atas berbagai mata kuliah yang dirancang terintegrasi dengan kajian beberapa keilmuan dengan metode pembelajaran teori, praktik, dan evaluasi.

Tidak hanya menjadi bidan, lulusan Kebidanan Unpad juga banyak yang mengisi sejumlah posisi strategis di lembaga kesehatan hingga menjadi peneliti.

Baca juga: Kisah Devina Patricia, Mahasiswa yang Lolos SNBT dan Peraih Beasiswa Penuh di Unair

2. Fakultas MIPA


Program Studi Teknologi Industri Kimia FMIPA Unpad juga merupakan satu-satunya program studi yang ada di FMIPA.

Ketua Program Studi Teknologi Industri Kimia FMIPA Unpad Muhammad Yusuf menjelaskan, prodi ini hadir sebagai jembatan antara program studi sains kimia atau kimia murni dan teknik kimia melalui kimia terapan.

Dia menjelaskan, terdapat beberapa teknologi industri kimia yang dapat dipelajari selama kuliah, di antaranya adalah teknologi hijau, manajemen dan kewirausahaan berbasis industri, kesehatan, serta pangan.

3. Fakultas Ilmu Komunikasi


Ketua Prodi Manajemen Produksi Media Fikom Unpad Dr. Iwan Koswara menuturkan, Manajemen Produksi Media (MPM) merupakan satu-satunya sarjana terapan yang ada di Fikom Unpad.

Jurusan kuliah ini lahir seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat serta industri kreatif yg saat ini sedang booming.

“Maka, Program Studi MPM ini berdiri untuk mencetak para ahli yang mampu dalam pengembangan konten dan media kreatif. Jadi, lulusan Program Studi MPM ini adalah lulusan-lulusan yang mampu mengelola aset sosial media, baik media sosial maupun media massa,” ujarnya.

4. Agrokompleks


Ketua Prodi Agroteknopreneur Noladhi Wicaksana memperkenalkan Program Studi Agroteknopreneur Fakultas Pertanian Unpad.

Kendati berada di Faperta, pengelolaan prodi Agroteknopreneur merupakan gabungan keilmuan dalam lingkup agrokompleks, yakni pertanian, peternakan, serta teknologi industri pertanian.

Program studi ini dibentuk untuk mempersiapkan para mahasiswanya untuk membuka lapangan pekerjaan di bidang pertanian dalam skala bisnis besar.

5. Fakultas Ekonomi dan Bisnis


Ketua Program Studi Bisnis Internasional FEB Unpad Yunizar mengatakan, FEB memiliki empat program studi sarjana terapan, yaitu Bisnis Internasional, Akuntansi Sektor Publik, Akuntansi Perpajakan, dan Pemasaran Digital.

Dia menjelasakan, pada Program Studi Bisnis Internasional, mahasiswa diarahkan untuk memiliki keahlian di bidang bisnis internasional, khususnya di bidang ekspor dan impor yang dapat ditempuh dgn waktu studi 3,5 – 4 tahun.

Ada beberapa keunggulan yang didapatkan oleh mahasiswa program studi ini, di antaranya memiliki sertifikasi ekspor impor, kesempatan magang dengan mitra, proses pembelajaran secara exposition discovery learning, grup-individual learning, program pembelajaran di luar kampus, dan jejaring alumni.

Untuk Program Studi Akuntansi Perpajakan, lanjut Yunizar, proses pembelajarannya tidak jauh berbeda dengan Bisnis Internasional.

Baca juga: 3 Universitas dengan Jurusan Sosiologi Terbaik di Indonesia dan Biaya Kuliahnya

Untuk capaian pembelajarannya, mahasiswa diarahkan untuk menjadi analisis pajak, staf konsultan pajak, pemeriksa pajak, account representative, staf akuntansi pajak, penelaah keberatan pajak, lainnya yang berkaitan dengan perpajakan dengan kurikuluym pembelajaran yang mengacu pada KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia).

Program Studi Pemasaran Digital, mengarahkan lulusannya untuk memiliki kompetensi Pemasaran Digital yang relevan dengan perubahan lingkungan dan berdaya saing tinggi dengan beberapa program unggulan dan sistem pembelajaran, yaitu manajer akun digital, analis pemasaran digital, koordinator pemasaran digital, dan ahli pemasaran digital.

Yunizar juga mengenalkan Program Studi Akuntansi Sektor Publik yang mengembangkan kompetensi mahasiswanya sebagai ahli akuntansi sektor publik yang memiliki kemampuan penyajian laporan keuangan dan informasi lain, sehingga para lulusannya berdaya saing nasional dan global serta dapat berkontribusi untuk pembangunan tata kelola sektor publik di Indonesia.

6. Fakultas Ilmu Budaya


Ketua Program Studi Bahasa dan Budaya Tiongkok FEB Unpad Dr. Ekaning Krisnawati menerangkan, program studi ini menyelenggarakan pendidikan yang bertujuan untuk mencetak lulusan yang memiliki pengetahuan dan kemampuan yang unggul di bidang bahasa Mandarin dan kebudayaan Tiongkok.
Menurutnya, dengan perkembangan bahasa Mandarin yang cukup masif, peluang kerjanya pun terbuka lebar bagi para lulusannya.

Adapun beberapa peluang kerja yang relevan bagi program studi ini adalah sebagai penerjemah, interpreter, tenaga profesional bidang Bahasa Mandarin, wirausahawan, dan sebagainya.

Mahasiswa pun berkesempatan untuk belajar di Tiongkok selama dua semester serta magang dengan berbagai mitra kerja sama.

7. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan


Ketua Program Studi Pariwisata Bahari FPIK Unpad Dr. Atikah Nurhayati menerangkan, Pariwisata Bahari lebih spesifik dibandingkan Pariwisata Global. Untuk program studi ini, terdapat aspek bahari serta nilai ekonomi dan lingkungan.

Pariwisata Bahari telah melaksanakan praktisi mengajar di kampus bersama dengan 3 kementerian, yakni Kementerian Perikanan Kelautan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Kementerian Kemaritiman dan Investasi.

8. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik


Manajer Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni FISIP Unpad Cecep Safa’atul Barkah menyebutkan, terdapat empat program studi yang difokuskan untuk program sarjana terapan, yaitu Administrasi Pemerintahan, Administrasi Keuangan Publik, Bisnis Logistik, dan Kearsipan Digital.

Administrasi Keuangan Publik berorientasi pada sektor keuangan publik, sehingga mahasiswanya dapat berkiprah pada sektor publik serta instansi keuangan untuk pengelolaan keuangan.

Prodi ini cocok untuk mereka yang mereka yang memiliki ketertarikan dalam bidang manajemen keuangan yang dikhususkan untuk sektor publik.

Selanjutnya, Program Studi Administrasi Pemerintahan cocok bagi mereka yang memiliki ketertarikan untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Lulusan dari program studi ini dapat berkiprah dalam beberapa profesi yang relevan dalam pemerintahan, seperti PNS administratur pemerintah, goverment relation officer, serta pendamping masyarakat.

Program Studi Bisnis Logistik erat kaitannya dengan rantai pasok serta bagaimana perusahaan mengantarkan rantai pasok sampai ke customer.

Lulusan dari program studi ini dapat berkarir dalam bidang logistic entrepreneur, logistic administrative officer, warehouse supervisor, dan freight forwarder.

Program studi ini juga cocok bagi mereka yang memiliki minat dalam dunia usaha. Cecep mengakhiri pemaparannya dengan pengenalan singkat mengenai Program Studi Kearsipan Digital.

Kearsipan identik dengan arsiparis kertas yang cukup banyak. Namun, seiring perkembangan zaman, pengarsipan tersebut dapat dilakukan secara digital, sehingga tidak memerlukan penggunaan kertas yang terlampau banyak.
Lulusannya dapat menjadi surveyor kearsipan, document controller, record manager, konsultan kearsipan, dan sebagainya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2573 seconds (0.1#10.140)