Hebat, Mahasiswa Indonesia Juara 1 Kompetisi Gimnastik di Jerman

Minggu, 02 Juli 2023 - 13:29 WIB
loading...
Hebat, Mahasiswa Indonesia Juara 1 Kompetisi Gimnastik di Jerman
Ken Nathanael Ritung. Foto/Kemendikbudristek.
A A A
JAKARTA - Mahasiswa Indonesia mengharumkan nama bangsa di kompetisi internasional bidang olahraga. Ken Nathanael Ritung bersama tim WG München 66 meraih juara satu dalam pertandingan Deutsche Hochschulmeisterschaft pada kategori adh-Cup Gerätturnen 2023 di Karlsruhe, Jerman.

Ken Nathanael Ritung atau akrab disapa Ken merupakan mahasiswa asal Indonesia yang tengah menempuh studi di jurusan Teknik Mesin Technische Universität (TU) München, Jerman.

Pertandingan nasional olahraga cabang gimnastik ini diselenggarakan pada tanggal 19-20 Mei 2023 di Karlsruher Institut Für Technologie turut disemarakkan oleh tim-tim dari berbagai kota dan diikuti oleh kurang lebih 800 orang.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) Kedutaan Besar Republik Indonesia di Berlin, Ardi Marwan, memberikan apresiasi tinggi kepada Ken atas pencapaian membanggakannya itu.

“Saya sangat mengapresiasi usaha Ken membawa timnya menang dan meraih juara 1 dalam pertandingan itu, meskipun hanya memiliki persiapan singkat dan juga masih menjabat sebagai Sekretaris 2 Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Munich, Ken tetap gigih dan mendapatkan juara,“ ujar Ardi, melalui siaran pers, Minggu (2/7/2023).

Baca juga: Kisah Devina Patricia, Mahasiswa yang Lolos SNBT dan Peraih Beasiswa Penuh di Unair

Ken menuturkan, dirinya ditawarkan oleh pelatih di tempat ia berlatih untuk turut ikut bergabung pada timnya. Ajakan ini disambut baik oleh Ken yang saat ini sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti Pekan Olaharaga Nasional (PON) 2024 di Aceh, Indonesia.

“Karena saya direncanakan untuk ikut ke PON 2024 di Aceh, saya sudah harus mempersiapkan diri untuk Babak Kualifikasi PON bulan September 2023 nanti dan kebetulan dapat tempat latihan di München semenjak September tahun lalu,” ujarnya.

“Selama latihan, ada pelatih yang memperhatikan dan menilai performa saya bagus. Atas dasar itulah saya ditawarkan untuk gabung dengan tim WG München 66,“ lanjut Ken.

Persiapan Ken mengikuti pertandingan ini terbilang singkat. Pasalnya, Ken perlu menjalankan program praktikum di salah satu perusahaan plat merah di Indonesia selama dua bulan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5961 seconds (0.1#10.140)