Dies Natalis IKJ ke-53, Rektor: Semangat untuk Terus Berinovasi

Selasa, 04 Juli 2023 - 19:30 WIB
loading...
Dies Natalis IKJ ke-53, Rektor: Semangat untuk Terus Berinovasi
IKJ merayakan hari jadinya yang ke-53 tahun, dengan mengusung tema Exploring New Frontiers. Foto/IKJ.
A A A
JAKARTA - Institut Kesenian Jakarta (IKJ) merayakan hari jadinya yang ke-53 tahun. Dies Natalis IKJ ke-53 kali ini mengusung tema Exploring New Frontiers (Menembus Batas-Batas Baru).

Peringatan Dies Natalis pada 26 Juni 2023 ini berlangsung dengan serangkaian kegiatan dan acara di berbagai kegiatan yang dilaksanakan secara daring dan luring hingga Desember 2023 mendatang.

Rektor IKJ Dr. Indah Tjahjawulan menyampaikan, tema kali ini menggambarkan semangat IKJ untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan tren yang terus berubah.

"Ini juga memperlihatkan bahwa IKJ Menembus Batas-batas Baru," katanya, melalui siaran pers, Selasa (4/7/2023).

Dia menambahkan, IKJ juga melihat kekuatan dan kelemahannya dalam memanfaatkan serta mengelola aspek-aspek yang baru dalam kesenian untuk menjadi bagian dari semangat yang sama sebagai pelopor dan memperkuat posisi IKJ sebagai institusi pendidikan tinggi seni yang terdepan dan berinovasi di Indonesia.

Baca juga: Perbandingan Universitas Harvard dan Universitas Oxford, Mana yang Lebih Unggul?

Sejarah IKJ menunjukkan kepeloporannya dalam pendidikan kesenian. IKJ juga menjadi perguruan tinggi pertama yang mengembangkan pendidikan sinematografi dan mengelola beberapa bidang kesenian dalam satu wadah serta mendorong kerja interdisiplin.

"IKJ harus menyiapkan diri menghadapi tantangan zaman dalam upaya menjaga relevansi peran dan eksistensi pendidikan kesenian saat ini," lugasnya.

Dalam perayaan ini, IKJ perlu memahami dan menghadapi tantangan yang dihadapi oleh dunia kesenian pada era modern ini.

Salah satu tantangan utama adalah perkembangan teknologi media-media kesenian saat ini yang turut memengaruhi perkembangan kesenian baik itu proses dan bentuk karya, bagaimana karya itu disebarkan dan dinikmati serta bagaimana estetika dari karya seni itu sendiri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1959 seconds (0.1#10.140)