5 Kampus dengan Jurusan Teknik Kelautan Favorit di Indonesia, Kamu Pilih yang Mana?

Rabu, 05 Juli 2023 - 19:23 WIB
loading...
5 Kampus dengan Jurusan Teknik Kelautan Favorit di Indonesia, Kamu Pilih yang Mana?
Bagi yang ingin kuliah jurusan Teknik Kelautan, berikut ini rekomendasi 5 kampus favoritnya. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada lima kampus dengan jurusan teknik kelautan favorit di Indonesia. Kelima kampus tersebut setiap tahunnya diburu oleh banyak calon mahasiswa baru dari seluruh penjuru Tanah Air.

Prospek kerja dari jurusan Teknik Kelautan memang terbilang cemerlang. Sebut saja seperti konsultan bangunan laut, surveyor, peneliti, dosen, teknisi tambang, hingga menjadi teknisi konservasi lingkungan.

Beberapa keahlian yang nantinya diperoleh dari jurusan ini berupa perancangan dan struktur bangunan lepas pantai, hidrodinamika lepas pantai dan produksi laut. Selain itu ada pula teknik manajemen pantai, serta rekayasa bawah air dan laut dalam.

Berikut lima kampus dengan jurusan teknik kelautan favorit di Indonesia:

5 Kampus dengan Jurusan Teknik Kelautan Favorit di Indonesia

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)


Jurusan Teknik Kelautan ITB diketahui telah memiliki akreditasi unggul. Pembelajaran teknik kelautan di kampus ini mencakup ilmu dasar sains, matematika, ilmu rekayasa, profesionalisme, aplikasi dan perancangan.

Baca juga: Mengenal Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, Sejarah hingga Jurusan Kuliah

Setiap tahunnya, Teknik Kelautan ITB meluluskan mahasiswanya. Salah satu kemampuan yang dimiliki mahasiswa Teknik Kelautan di kampus ini yaitu sebagai praktisi profesional di bidang rekayasa kelautan.

2. Universitas Indonesia (UI)


Jurusan Teknik Kelautan di Universitas Indonesia juga memiliki akreditasi unggul dengan menawarkan program studi S1, S2, hingga S3. Jebolan Teknik Kelautan UI diketahui memiliki banyak kompetensi. Di antaranya ada pada di bidang perencanaan, perancangan, konstruksi hingga pemeliharaan bangunan lepas pantai.

3. Universitas Gadjah Mada (UGM)


Salah satu jurusan di Universitas Gadjah Mada yang banyak diminati mahasiswa barunya, yakni jurusan Teknik Kelautan. Jurusan tersebut diketahui sudah terakreditasi unggul oleh BAN-PT.

Baca juga: 8 Universitas dengan Jurusan Ilmu Komunikasi Terbaik di Indonesia Versi THE WUR 2023

Lulusan jurusan Teknik Kelautan UGM memiliki kemampuan di bidang perancangan dan analisis struktur lepas pantai, hidromika lepas pantai dan produksi laut. Selain itu, ada pula yang nantinya bakal mahir dalam bidang energi dan lingkungan laut.

4. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya


Jurusan Teknik Kelautan di ITS sudah terakreditasi unggul, serta menekankan pada penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi kelautan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Para mahasiswa yang lulus dari jurusan ini nantinya bakal memiliki kemampuan di bidang kelautan yang mumpuni. Sebab, jurusan ini didukung oleh tenaga pendidik profesional, yaitu lima profesor, 16 doktor, dan sembilan master.

5. Universitas Hasanuddin (Unhas)


Jurusan Teknik Kelautan Unhas telah terakreditas unggul. Akreditasi tersebut sudah diperoleh Universitas Hasanuddin pada tahun ajaran 2002/2003.

Jurusan ini memiliki dua konsentrasi yang ada di bidangnya. Dua konsentrasi tersebut yaitu konsentrasi bangunan lepas pantai dan konsentrasi teknik pantai dan pelabuhan.

Demikian 5 terbaik di Indonesia untuk jurusan Teknik Kelautan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2842 seconds (0.1#10.140)