Tes SMUP Unpad Digelar Online 8 Juli 2023, Dilarang Pakai Kaos Oblong

Kamis, 06 Juli 2023 - 08:19 WIB
loading...
Tes SMUP Unpad Digelar Online 8 Juli 2023, Dilarang Pakai Kaos Oblong
Tes Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (Unpad) akan dimulai 8-10 Juli 2023. Foto/Dok/Unpad.
A A A
JAKARTA - Tes Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (Unpad) akan digelar secara online pada 8-10 Juli 2023. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh peserta sebelum melaksanakan ujian SMUP Jalur Mandiri .

Koordinator Helpdesk Jalur Mandiri SMUP Imanudin Kudus menjelaskan, hal pertama yang perlu diperhatikan, peserta yang dapat mengikuti ujian ini adalah mereka yang namanya sudah terdaftar dalam daftar peserta ujian.

Dengan kata lain, peserta harus sudah melakukan pendaftaran serta melewati proses registrasi sebelumnya. Selanjutnya, peserta ujian wajib melakukan verifikasi tempat dan perangkat ujian yang dilaksanakan pada Peserta juga harus mempersiapkan Kartu Peserta Ujian yang dapat diunduh pada laman SMUP.

Perangkat Ujian


Selain itu, kata Imanudin, peserta perlu mempersiapkan komputer PC/laptop yang memiliki fasilitas webcam aktif dan terkoneksi secara stabil dengan internet serta memiliki spesifikasi yang sesuai dengan yang tertera pada panduan instalasi aplikasi ujian SMUP 2023.

“Ini menjadi penting karena spesifikasi ini akan menentukan lancar atau tidaknya yang akan berhubungan dengan kenyamanan. Harapannya saat pelaksanaan ujian dapat fokus dengan substansi ujian dengan tidak mengalami banyak gangguan terkait kendala teknis,” katanya, dikutip dari laman Unpad, Kamis (6/7/2023).

Hal teknis lain yang perlu disiapkan, smartphone/handphone dengan fasilitas kamera dan mic aktif yang terkoneksi secara stabil dengan internet untuk bergabung ke dalam ruang Zoom pengawasan SMUP.

Baca juga: 5 Kampus dengan Jurusan Teknik Kelautan Favorit di Indonesia, Kamu Pilih yang Mana?

Peserta juga perlu menyiapkan kuota internet minimal 4 GB dengan kecepatan minimal 1 Mbps serta memiliki koneksi yang stabil. “Mohon untuk menyiapkan koneksi cadangan untuk mengantisipasi kendala-kendala yang terkait dengan koneksi,” ujar Imanudin.

Disiplin Waktu


Imanudin juga menjelaskan bahwa peserta harus masuk/login ke aplikasi Zoom pada gawai maksimal 60 menit sebelum ujian dilaksanakan untuk melakukan pengecekan ruang serta perlengkapan ujian oleh pengawas.

Link aplikasi Zoom telah tercantum pada Kartu Peserta Ujian. Berikutnya, pada saat pengecekan dan saat ujian sedang berlangsung peserta harus berada pada ruangan tertutup dengan posisi duduk, tidak ada orang lain di dalam ruangan, serta tidak ada gangguan atau intervensi dari orang lain.

“Di atas meja peserta hanya ada komputer/PC, smartphone/handphone, kartu peserta, alat tulis berupa papan alas trasnparan/mika plastik transparan/map plastik transparan dan spidol non-permanen yang dapat dihapus digunakan untuk lembar coretan saat ujian,” jelas Imanudin.

Peserta juga harus menempatkan smartphone/handphone di samping kiri atau kanan menggunakan dudukan dengan kamera mengarah pada peserta serta terlihat perangkat PC/laptop yang digunakan. Peserta harus login ke dalam aplikasi ujian 15 menit sebelum ujian dimulai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0996 seconds (0.1#10.140)