7 Universitas dengan Jurusan Teknik Industri Terbaik di Indonesia, Ada Kampus Pilihanmu?

Kamis, 06 Juli 2023 - 16:34 WIB
loading...
7 Universitas dengan Jurusan Teknik Industri Terbaik di Indonesia, Ada Kampus Pilihanmu?
7 universitas dengan jurusan Teknik Industri terbaik di Indonesia sebagai rekomendasi untuk calon mahasiswa. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada tujuh kampus dengan jurusan kuliah Teknik Industri terbaik di Indonesia. Setiap tahunnya, kampus tersebut selalu dibanjiri calon mahasiswa baru dari seluruh penjuru Tanah Air.

Lulusan Teknik industri memang memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Beberapa pilihan kerja yang bisa diambil di antaranya seperti analisis produk, health and safety officers, project manager, hingga HRD.

Saat ini banyak perguruan tinggi yang menawarkan jurusan yang satu ini. Namun, hanya beberapa di antaranya yang masuk dalam kategori kampus dengan jurusan Teknik Industri terbaik.

Berikut tujuh kampus yang memiliki jurusan Teknik Industri terbaik di Indonesia:

7 Kampus dengan Jurusan Teknik Industri Terbaik di Indonesia

1. Universitas Gadjah Mada


Universitas Gadjah Mada memiliki jurusan Teknik Industri terbaik. Salah satu kampus terbaik di Indonesia ini telah membuka jurusan teknik industri yang telah terakreditasi.

Baca juga: 6 Kampus dengan Jurusan Data Science Favorit di Indonesia, Ada Kampusmu?

Kurikulum program pendidikan teknik industri yang ada di UGM telah dirancang dengan pendekatan Outcome-Based Curriculum (OBC) yang sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Selain itu, disesuaikan pula dengan Badan Kerjasama Penyelenggara Pendidikan Tinggi Teknik Industri Indonesia (BKSTI).

2. Universitas Sebelas Maret


Jurusan Teknik Industri Universitas Sebelas Maret juga masuk dalam kategori terbaik. Sebab, jurusan Teknik Industri di kampus ini sudah menyandang akreditasi A oleh BAN-PT dan mendapat Akreditasi Disiplin Ilmu Teknik Industri dari IABEE.

Sementara itu, kampus yang satu ini juga telah bekerja sama dengan beberapa perusahaan untuk menjalin kerja sama dengan jurusan Teknik Industri. Beberapa perusahaan yang telah bekerja sama dengan kampus ini seperti Badan Standardisasi Nasional, Badan Pengkajian Penerapan Teknologi dan Barcode System Standardization.

3. Institut Teknologi Bandung


Selanjutnya ada Institut Teknologi Bandung. Kampus ini juga menyediakan jurusan Teknik Industri yang telah terakreditasi unggul oleh BAN PT dan juga terakreditasi internasional oleh ABET.

Jurusan ini berada dibawah naungan Fakultas Teknik Industri. ITB juga memiliki banyak mitra dalam proses pengembangan peserta didiknya, mulai dari kalangan pemerintahan, perguruan tinggi, perusahaan swasta, hingga ke ranah asosiasi.

4. Universitas Andalas


Universitas Andalas juga memiliki jurusan Teknik Industri yang sudah terakreditasi A. Beberapa program yang telah diterapkan pada jurusan ini di antaranya seperti Proses Manufaktur, Sistem Pengembangan Produk, Ergonomi Kognitif, dan Elektronika Industri.

Sama halnya dengan ITB, Universitas Andalas juga memiliki banyak mitra dalam proses pembelajarannya. Mulai dari lembaga pemerintahan, perguruan tinggi hingga banyak perusahaan swasta lainnya yang ada di Indonesia.

Baca juga: 8 Universitas Dunia dengan Jurusan Hubungan Internasional Terbaik Versi WUR 2023

5. Universitas Indonesia


Hampir semua jurusan di Universitas Indonesia masuk dalam kategori yang terbaik, termasuk jurusan Teknik Industri. Jurusan ini telah terakreditasi A oleh BAN-PT dan memperoleh Akreditasi ASEAN University Network (AUN) pada 2013 silam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8960 seconds (0.1#10.140)