Tips Cara Menaikkan IPK, Penting Bagi Mahasiswa yang Mau Lulus Cepat

Sabtu, 08 Juli 2023 - 14:15 WIB
loading...
Tips Cara Menaikkan IPK, Penting Bagi Mahasiswa yang Mau Lulus Cepat
Bagi mahasiswa, IPK (Indek Prestasi Kumulatif) menjadi ukuran kemampuan mahasiswa dlam periode tertentu. Ada banyak tips untuk menaikkan IPK secara cepat. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini tips cara menaikkan IPK secara cepat. Bagi mahasiswa, IPK (Indek Prestasi Kumulatif) merupakan hal yang krusial karena menjadi ukuran kemampuan mahasiswa hingga periode tertentu yang dihitung berdasarkan jumlah SKS yang ditempuh.

IPK bisa sangat menentukan lama atau tidaknya masa belajar seorang mahasiswa. Bahkan IPK juga menjadi kunci masa depan mahasiswa nanti untuk mencari kerja setelah lulus.Dirangkum dari berbgai sumber, berikut sejumlah tips menaikkan IPK secara cepat

Begini 10 Cara Menaikan IPK Secara Cepat

1. Aktif Kuliah

Agar IPK mu selamat, tips pertama adalah berperan aktif khususnya ketika perkuliahan berlangsung. Sebagai bentuk inisiatif maka kamu dan dosen akan memiliki ikatan yang baik.

Dosen akan lebih mengenalimu bahkan tak jarang yang diajak menjadi asisten dosen ketika kamampuanmu dianggap mumpuni dalam mata kuliah yang diampu. Dosen akan menghargai setiap keaktifan yang kamu lakukan. Jadi selama mata kuliah berlangsung usahakan untuk bertanya atau berdiskusi ketika ada sebuah masalah yang harus diselesaikan.

2. Tentukan Skala Prioritas

Belajar memilih mana yang menjadi prioritasmu untuk dilakukan agar tidak banyak waktu yang terbuang sia-sia. Ketika kelas perkuliahan selesai dan kamu masih memiliki waktu luang sempatkan untuk mengulang kembali materi yang didapat saat pulang kos atau meluangkan waktu sejenak di kampus sambil menunggu kelas selanjutnya.

3. Ambil Kelas yang Tepat

Ambil mata kuliah sesuai kemampuan. Jangan terlalu memforsir otak untuk memilih semua mata kuliah khusus yang ditawarkan. Jika terlalu banyak kelas yang diambil, maka kamu akan kewalahan dalam menjalaninya.



Setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda dan kamu pun perlu sedikit waktu untu beristirahat. Jadi, ambillah beberapa kelas yang lebih mudah terlebih dahulu sesuai penawaran dari kampus per semesternya.

4. Mengulang Mata Kuliah Tertentu

Sejumlah universitas memberikan kebijakan untuk mengulang kelas-kelas tertentu. Jika nilai IP mu kurang dan bila perlu untuk mengulang maka gunakan kesempatan baik ini agar ada sedikit perbaikan nilai yang akan berpengaruh terhadap IPK.

Dengan demikian nilai C, D, atau F dapat dibersihkan dan diganti dengan nilai yang lebih baik. Cari tahu tentang pilihan lain apakah dapat mengambil ujian tertentu atau sekedar menyelesaikan proyek. Disinilah tugasmu untuk berperan aktif kepada dosen.

5. Hadiri Perkuliahan

Seperti ulasan sebelumnya bahwa nilai kehadiran cukup berpengaruh terhadap IPK mu. Oleh sebab itu usahakan untuk tidak bolos satu hari pun kecuali kondisi tidak memungkinkan seperti sakit. Banyak dosen yang mempertimbangkan nilai dari seluruh kehadiran kelasnya. Bahkan tak sedikit dari mereka yang memberikan pertanyaan bonus untuk menghargai mahasiswa ayang hadir.

6. Belajar dengan Cara yang Pintar

7. Ajak Temanmu yang Lebih Pintar untuk Belajar Bersama

8. Jangan Menerapkan Sistem Kebut Semalam Ketika akan Ujian

9. Temukan Tempat Belajar yang Kamu Sukai

10. Atur Manajeman Waktu dengan Baik

Perwakilan Angka Nilai Huruf IPK

Nilai A = 4
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1628 seconds (0.1#10.140)