Peran Pustakawan Dinilai Penting untuk Tingkatkan Kemampuan Literasi Masyarakat

Minggu, 09 Juli 2023 - 12:33 WIB
loading...
Peran Pustakawan Dinilai Penting untuk Tingkatkan Kemampuan Literasi Masyarakat
Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) Muhammad Syarif Bando. Foto/Perpusnas.
A A A
JAKARTA - Pustakawan memiliki peran untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya kemampuan literasi sampai pada produksi. Peningkatan kompetensi pustakawan juga perlu dimaksimalkan seiring dengan perkembangan teknologi.

Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ( Perpusnas ) Muhammad Syarif Bando mengatakan, dalam buku berjudul Intelegence of Nations yang dia baca, parameter dunia bergeser yang kemudian penelitiannya menetapkan ada dua indikator negara terpintar di dunia yaitu intelegensi dan literasi.

Namun Kepala Perpusnas menyebut tidak hanya itu, tapi ada beberapa indikator lain yaitu peringkat universitas, rata-rata income perkapita, jenis barang ekspor hasil teknologi tinggi, fasilitas kesehatan, dan perkembangan teknologi sebuah negara.

Hal ini dia sampaikan pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-50 Ikatan Pustakawan Indonesia dan Peringatan Hari Pustakawan yang jatuh pada 7 Juli 2023.

Baca juga: Pentingnya Meningkatkan Kualitas Infrastruktur Sekolah dan Guru

Dia menambahkan, perpustakaan yang dinamis dan tumbuh sejalan dengan perjalanan umat manusia memerlukan peran pustakawan yang lebih kuat untuk menyadarkan masyarakat pentingnya kemampuan literasi sampai pada proses produksi.

“Ke depan bicara tentang bagaimana mengubah persepsi dan cara pandang 278 juta penduduk Indonesia bahwa kita membutuhkan ilmu pengetahuan yang sampai kepada kemampuan memproduksi barang dan jasa sesuai definisi literasi,” katanya, melalui siaran pers, Minggu (9/7/2023).

Literasi menurutnya adalah kedalaman pengetahuan seseorang terhadap suatu subjek ilmu pengetahuan yang dapat diimplementasikan dengan inovasi dan kreativitas yang tinggi untuk memproduksi barang dan jasa yang berkualitas dan dapat dipakai untuk memenangkan persaingan global.

Dalam peringatan Hari Ulang Tahun IPI ke-50 di Perpusnas Medan Merdeka Selatan tersebut, Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Pustakawan Indonesia (PP-IPI) periode 2022-2025 Syamsul Bahri mengatakan selama 50 tahun sudah banyak program yang dilaksanakan IPI untuk meningkatkan kompetensi anggotanya.

Baca juga: Kritisi Polemik PPDB, Politikus Muda Perindo Tekankan Pemerataan Kualitas Pendidikan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2002 seconds (0.1#10.140)