18.589 Calon Mahasiswa Berjuang Masuk Unpad melalui SMUP Jalur Mandiri 2023

Minggu, 09 Juli 2023 - 13:14 WIB
loading...
18.589 Calon Mahasiswa Berjuang Masuk Unpad melalui SMUP Jalur Mandiri 2023
Ujian SMUP Jalur Mandiri 2023 diikuti 18.589 peserta. Foto/Unpad.
A A A
JAKARTA - Ujian Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) Jalur Mandiri digelar Sabtu (8/7/2023) dan Minggu (9/7/2023). Ujian diikuti 18.589 peserta.

Kepala Kantor SMUP Anas mengatakan, Unpad melaksanakan ujian SMUP Jalur Mandiri dengan menggunakan metode daring. Metode ini dipilih untuk memberikan akses sebesar-besarnya kepada lulusan SMA/sederajat dari seluruh wilayah di Indonesia untuk bisa berpartisipasi.

“Sehingga kita harapkan kita bisa menjaring yang potensial secara akademik, meskipun dari pelosok, kita harapkan mereka bisa mendaftar dan bersekolah di Unpad,” ujarnya, dikutip dari laman Unpad, Minggu (9/7/2023).

Baca juga: Prodi D4 Teknologi Benih IPB Resmi Dibuka, Daftar di Seleksi Mandiri

Melalui ujian ini, Unpad diharapkan dapat menjaring peserta yang memiliki potensi akademik baik sehingga bisa menjadi bagian dalam aktivitas pembelajaran. “Dan yang terpenting, jika sudah lolos seleksi, silakan untuk mendaftar kembali,” tuturnya.

Anas mengatakan, ujian terbagi ke dalam dua sesi dalam pelaksanaan satu harinya sehingga total ada empat sesi. Per sesi diikuti 4.600 peserta dan diawasi 200 pengawas.

Anas mengungkapkan, masih banyak peserta yang belum melakukan instalasi aplikasi ujian. Padahal, Unpad sudah memberikan waktu untuk proses simulasi dan verifikasi perangkat peserta ujian pada 5 – 6 Juli 2023 lalu.

Baca juga: 7 Jurusan Kuliah Favorit di Kampus Luar Negeri, Adakah Pilihanmu?

Proses tersebut semestinya menjadi kesempatan bagi peserta untuk melakukan instalasi aplikasi ujian serta mengetahui tata tertib dan lokasi virtual ujiannya.

Anas mengingatkan, ada kerugian yang akan diterima peserta apabila belum melakukan instalasi aplikasi ujian. Salah satunya adalah tidak ada tambahan waktu ujian bagi peserta yang belum menginstalasi aplikasi.

Karena itu, panita mengingatkan seluruh peserta ujian, khususnya mereka yang tidak ikut proses simulasi dan verifikasi, untuk membaca tata tertib pelaksanaan ujian SMUP Jalur Mandiri.

Informasi aplikasi, perangkat yang dibutuhkan, hingga tata tertib ujian dapat dibaca di laman https://smup.unpad.ac.id/sarjana-jalur-mandiri/.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0804 seconds (0.1#10.140)