Apakah Penghasilan Orang Tua Berpengaruh pada UKT Mahasiswa? Ini Ulasannya

Selasa, 11 Juli 2023 - 11:37 WIB
loading...
Apakah Penghasilan Orang Tua Berpengaruh pada UKT Mahasiswa? Ini Ulasannya
Merujuk Permendikbud 2013, UKT terdiri atas beberapa kelompok yang ditentukan berdasarkan kelompok kemampuan ekonomi masyarakat. Foto/laman UMM Malang
A A A
JAKARTA - UKT kepanjanan dari uang kuliah tunggal. UKT adalah besaran biaya untuk kuliah di suatu universitas. Kebijakan UKT sejalan dengan berlakunya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 55 Tahun 2013 tentang Biaya Kuliah Tunggal dan Uang Kuliah Tunggal Pada Perguruan Tinggi Negeri di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pada pasal 1 ayat 3 disebutkan, UKT adalah sebagian biaya kuliah tunggal yang ditanggung setiap mahasiswa berdasarkan kemampuan ekonomi.

Besaran UKT ditetapkan berdasarkan biaya kuliah tunggal dikurangi biaya yang ditanggung pemerintah. UKT terdiri atas beberapa kelompok yang ditentukan berdasarkan kelompok kemampuan ekonomi masyarakat.

Sementara, berdasarkan Permendikbud Nomor 25 Tahun 2020 tentang Standar Satuan Biaya Operasional Pendidikan Tinggi Pada Perguruan Tinggi di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, besaran UKT ditetapkan oleh pemimpin Perguruan Tinggi Negeri (PTN) untuk semua mahasiswa dari setiap jalur penerimaan.



Penetapan besaran UKT dilakukan dengan mempertimbangkan kemampuan ekonomi mahasiswa, orang tua mahasiswa, hingga pihak lain yang membiayai mahasiswa. Penilaian kemampuan ekonomi dilakukan berdasarkan pendapatan, jumlah tanggungan keluarga dari mahasiswa, orang tua mahasiswa atau pihak lain yang membiayai mahasiswa.

Sebelum penentuan besaran UKT, mahasiswa akan mengisi formulir yang berisi gaji/pendapatan orang tua, harta benda yang dimiliki orang tua seperti rumah, kendaraan, hingga pengeluaran.



Hal tersebut menjadi pertimbangan mahasiswa untuk mendapat UKT tertentu. Setelah mengisi formulir, pihak universitas menentukan seorang mahasiswa masuk ke dalam kelompok UKT apa serta total UKT yang harus dibayar.

Dengan adanya UKTdiharapkan bisa membantu mahasiswa yang kurang dari segi ekonomi. Saat ini, istilah UKT juga diterapkan di perguruan tinggi swasta. Namun, UKT di perguruan tinggi swasta tidak disubsidi pemerintah. Dari artikel ini, apakah bisa diambil kesimpulan bahwa penghasilan orang tua dipastikan berpengaruh terhadap besaran UKT?
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1584 seconds (0.1#10.140)