6 Jurusan Kuliah untuk Kamu yang Ingin Berkarier di Bank, Masa Depan Terjamin

Rabu, 12 Juli 2023 - 11:21 WIB
loading...
6 Jurusan Kuliah untuk Kamu yang Ingin Berkarier di Bank, Masa Depan Terjamin
Sektor perbankan menyediakan beragam lapangan kerja yang cukup menjanjikan di mana SDM nya biasannya berasal dari mahasiswa jurusan ekonomi. Foto/dok Sindonews
A A A
JAKARTA - Sejumlah jurusan kuliah ini sangat cocok bagi kamu yang ingin berkarier di bank. Jika ingin bekerja pada sektor perbankan, ada baiknya kamu mengetahui jurusan apa saja yang memiliki peluang untuk mewujudkan impian tersebut.

Sektor perbankan sendiri menyediakan beragam lapangan kerja yang bisa diisi oleh sumber daya berkeahlian di bidangnya masing-masing.Dirangkum dari berbagai sumber, ini 6 jurusan kuliah untuk kamu yang mau bekerja di perbankan.

Jurusan Kuliah untuk Kamu yang Ingin Kerja di Bank

1.Ilmu Ekonomi

Salah satu jurusan kuliah untuk kamu yang ingin kerja di bank paling populer adalah Ilmu Ekonomi. Prodi satu ini biasanya tergabung pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).

Ilmu ekonomi merupakan ilmu tentang pengelolaan sumber daya agar dapat memenuhi kesejahteraan manusia. Mahasiswa Ilmu Ekonomi akan dipersiapkan menjadi seorang ahli ekonomi (ekonom) dengan keahlian analisis data statistik. Oleh ekonom, data statistik tersebut kemudian diolah sehingga menghasilkan informasi bermanfaat guna memecahkan permasalahan khususnya pada bidang ekonomi.

2.Manajemen

Manajemen juga merupakan jurusan kuliah untuk kamu yang ingin kerja di bank. Program studi Manajemen masih memiliki keterkaitan cukup erat dengan Ilmu Ekonomi. Manajemen sendiri adalah program studi yang mempelajari bagaimana cara-cara untuk mengelola suatu perusahaan atau organisasi.



Meskipun masih berhubungan dengan bisnis dan ekonomi, fokus Manajemen adalah pada kegiatan mengelola, merencanakan, serta mengatur semua proses dalam perusahaan.Manajemen sendiri mempelajari tentang manajerial di banyak bidang. Misalnya manajemen keuangan, pemasaran, perbankan, bisnis, dan lainnya.

3.Ilmu Hukum

Prodi ini mempelajari berbagai sistem hukum yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat. Mahasiswa Ilmu Hukum mempelajari berbagai peraturan perundang-undangan. Mulai dari hukum perdata, pidana, tata negara, hingga hukum internasional.

Pada akhir masa pendidikan, mahasiswa akan diberi kesempatan untuk mengimplementasikan ilmunya di lapangan secara nyata melalui kerja magang. Mereka terjun langsung ke berbagai lembaga terkait hukum. Misalnya pengadilan, kejaksaan, hingga firma hukum.

4.Psikologi

Psikologi juga merupakan jurusan kuliah untuk kamu yang ingin kerja di bank. Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia beserta fungsi mentalnya.



Program studi Psikologi juga mempelajari bagaimana jalan pemikiran manusia dan alasan mengapa ia melakukan suatu tindakan.
Ilmu Psikologi sendiri terbagi menjadi beberapa fokus. Antara lain psikologi klinis, psikologi sosial, psikologi industri, psikologi perkembangan dan industri.

Jurusan satu ini sangat cocok dipilih apabila kamu menyukai segala hal tentang kepribadian serta perilaku manusia. Di samping itu, prospek kerjanya juga terbuka lebar.

5.Teknik Informatika (TI)

Jurusan kuliah untuk kamu yang ingin kerja di bank juga bisa memilih Teknik Informatika. Secara umum, program studi ini berkaitan dengan teknologi komputer.Kajian prodi TI mencakup prinsip-prinsip dalam ilmu komputer. Yakni meliputi perancangan, pengembangan, pengujian, hingga evaluasi sistem operasi.Mahasiswa TI juga diajarkan bagaimana merancang perangkat lunak (software) serta mengkaji pemrograman dan komputasi.

6.Perbankan

Jurusan kuliah untuk kamu yang ingin kerja di bank tidak lain yaitu jurusan Perbankan. Program studi ini fokus pada ilmu tentang keuangan.Khususnya mengenai pengelolaan keuangan pada sektor perbankan. Di samping itu, jurusan Perbankan juga mempelajari seputar operasional perbankan.

Ilmu keuangan ini tidak hanya bisa diterapkan pada bank. Akan tetapi pengimplementasiannya juga mencakup asuransi, lembaga simpan pinjam, hingga pasar modal.Ada banyak alasan mengapa jurusan Perbankan sangat layak dipilih.

Ini karena industri perbankan tidak pernah berhenti bahkan semakin berkembang.Perkembangan dunia perbankan sejalan dengan pesatnya perkembangan zaman dan teknologi. Selain perbankan, prospek kerja lulusan jurusan ini juga luas.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1951 seconds (0.1#10.140)