Mahasiswa, Ini Prospek Kerja Menjanjikan Jurusan Perbankan Syariah

Jum'at, 18 Februari 2022 - 14:36 WIB
loading...
Mahasiswa, Ini Prospek Kerja Menjanjikan Jurusan Perbankan Syariah
Prospek kerja menjanjikan jurusan perbankan syariah. Ilustrasi Foto/Pexels/Shora Shimazaki
A A A
JAKARTA - Perbankan syariah saat ini bisa dibilang sebagai salah satu jurusan yang sedang booming. Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya kebutuhan dunia kerja yang semakin banyak membutuhkan lulusan dari jurusan perbankan syariah.

Perbankan syariah sendiri adalah salah satu jenis perbankan yang dalam melakukan kegiatan perbankan didasari syariah islam. Sistem operasional perbankan syariah ini berbeda dengan perbankan konvensional, karena bank syariah menggunakan prinsip bagi hasil dari keseluruhan produk perbankannya.

Penyaluran dana, sumber dana, serta pembiayaan yang disediakan oleh perbankan syariah juga memiliki perbedaan yang jelas. Dalam pembiayaan bank syariah, juga terdapat penerapan wakaf dan zakat. Selain itu, dalam hal produknya hubungan mitra dan juga pelayanan yang ramah menjadi prinsip keunggulan yang diterapkan oleh perbankan syariah.

Dengan sistem demikian, diperlukan SDM yang berkualitas serta memahami prinsip bank syariah, mengerti ekonomi islam secara keseluruhan, dan diharapkan bisa menjaga stabilitas perekonomian nasional. Keberadaan perbankan syariah inilah yang kemudian menjadi pemicu diadakannya jurusan perbankan syariah.

Baca: Lulusan SMK-Mahasiswa Didorong Terapkan Smart Green House Dongkrak Produktivitas

Bagi calon mahasiswa yang masih bingung mau memilih jurusan apa di perguruan tinggi nanti, silakan memilih jurusan perbankan syariah yang memiliki prospek kerja menjanjikan.

Melansir laman BAN-PT di ban-pt.or.id, berikut ini 10 pilihan profesi bagi lulusan perbankan syariah.

1. Akuntan
Akuntan menjadi salah satu pilihan pekerjaan yang cocok untuk dipilih. Tentu bidang akuntansi yang akan digeluti adalah akuntansi syariah yang berbeda dengan jenis akuntansi pada umumnya.

2. Pengusaha
Sebagai lulusan perbankan syariah pasti memiliki bekal manajemen keuangan yang bagus. Ilmu manajemen ini bisa dijadikan modal untuk memulai sebuah usaha. Sebagai pengusaha besar penghasilan yang didapat justru tidak terhingga karena tergantung dari perkembangan usaha yang dijalankan.

3. Pegawai bank syariah
Pegawai bank syariah tentu menjadi profesi yang sudah pasti cocok untuk lulusan perbankan syariah. Mahasiswa bisa membangun karir dengan bekerja di bank-bank yang berbasis syariah ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1213 seconds (0.1#10.140)