Tahun Ajaran Baru, Ini 4 Cara Belajar Efektif untuk Raih Nilai Bagus

Rabu, 12 Juli 2023 - 14:30 WIB
loading...
Tahun Ajaran Baru, Ini 4 Cara Belajar Efektif untuk Raih Nilai Bagus
Memasuki tahun ajaran baru, berikut ini 4 cara belajar efektif untuk meraih nilai bagus. Foto/Zenius.
A A A
JAKARTA - Memasuki tahun ajaran baru peserta didik baik yang baru maupun yang senior akan menuntut ilmu di sekolah. Mereka pun harus menemukan cara belajar efektif sehingga mendapat nilai bagus dari guru.

Masyarakat sebelumnya mengenal adanya konsep gaya belajar dengan efektivitas belajar. Saat ini, banyak yang membagi gaya belajar menjadi empat, yaitu: visual, auditori, reading/writing, dan kinestetik, atau yang lebih dikenal dengan VARK.

Pembagian gaya belajar ini sangat populer, tapi masih sering dipertanyakan oleh berbagai ilmuwan. Hingga saat ini, belum ada bukti ilmiah yang membenarkan konsep pembagian gaya belajar tersebut.

Pada 2019, American Psychology Association menyatakan banyak orang percaya bahwa gaya belajar telah ditentukan sejak kelahiran dan mampu memprediksi kesuksesan akademis dan karier meskipun tidak ada bukti ilmiah yang mendukung mitos ini.

Tidak ada bukti yang menyatakan jika siswa yang mengikuti preferensi ini akan membuahkan hasil yang lebih optimal. Penerapan gaya belajar yang sama untuk semua bidang pelajaran itu dianggap kurang tepat.

Baca juga: Beda Pungutan dan Sumbangan Sekolah, Pahami Yuk Mana Kewajiban Mana Sukarela

Lalu bagaimana cara belajar yang efektif itu? Berikut 4 tips dan metode dari Zenius yang bisa membantu siswa senior dan juga junior belajar.

1. Ciptakan lingkungan belajar yang suportif


Siswa harus mencari lingkungan yang aktif saling membantu dan membuat termotivasi. Hindari lingkungan yang memicu perasaan negatif dan tidak kondusif.

Selain itu, kalian juga harus mencari lingkungan yang nyaman di mana kamu tidak akan merasa takut untuk gagal.

Dekatkan diri dengan orang-orang yang bisa membantumu untuk melewati kegagalan tersebut.

2. Susun agenda belajar dengan baik


Sesuaikan agenda dan rencana belajar kalian dengan kondisi progres masing-masing, jangan memaksa diri untuk cepat-cepat mengerti materi rumit jika belum memahami materi dasar.

Lalu, kalian juga harus membuat target belajar yang terus meningkat, Misalnya minggu ini menargetkan untuk belajar 20 soal per hari, minggu depan harus naik 30 soal per hari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0866 seconds (0.1#10.140)