15 Istilah Perkuliahan yang Harus Diketahui Mahasiswa, Selalu Terdengar hingga Lulus

Kamis, 13 Juli 2023 - 09:32 WIB
loading...
15 Istilah Perkuliahan yang Harus Diketahui Mahasiswa,  Selalu Terdengar hingga Lulus
Calon mahasiswa baru (Maba) harus mengetahui istilah-istilah di dunia perkuliahan yang akan selalu bersinggungan dengan mahasiswa hingga lulus nanti. Foto/laman UMA
A A A
JAKARTA - Mahasiswa baru (maba) wajib tahu tentang sejumlah istilah dalam perkuliahan ini. Salah satu hal yang penting untuk kalian persiapkan sebagai mahasiswa baru adalah mengetahui berbagai istilah-istilah di dalam bangku kuliah.

Mengapa maba penting untuk mengetahui istilah dalam perkuliahan? Karena sepanjang menuntut ilmu di perguruan tinggi, kamu akan sering mendengar istilah-istilah ini. Berikut 10 istilah dunia perkulihan yang wajib diketahui mahasiswa.

Ini 15 Istilah Dunia Perkuliahan yang Wajib Diketahui Mahasiswa

1.KRS (Kartu Rencana Studi)

Sejumlah perguraun tinggi di Indonesia umumnya menggunakan istilah KRS untuk menyebut kartu rencana studi, namun ada juga juga beberapa perguruan tinggi yang menyebut KRS dengan istilah KPSM (Kartu Perencanaan Studi Mahasiswa) atau FRS (Formulir Rencana Studi).

KRS ini adalah rekaman mata kuliah yang diambil dalam satu semester. Kamu memang dapat merencanakan studi kamu sendiri, tapi baiknya sebelum memilih mata kuliah konsultasikan terlebih dahulu dengan Pembimbing Akademik atau Dosen Wali. Pengisian KRS dapat dilakukan secara manual maupun secara online.

2.SKS (Satuan Kredit Semester)

Jika di bangku sekolah kemarin semua pelajaran yang kalian pelajari sudah dipaketkan hingga lulus. Kalau di perguruan tinggi nantinya pelajaran ini akan ditentukan berdasarkan dengan SKS.



Mahasiswa dapat memilih mata kuliah yang diinginkan dalam satu semester tergantung jatah dari SKS yang mereka miliki.Untuk lulus hingga S-1, kamu membutuhkan sekiranya 144-160 SKS. Untuk program diploma (D-3) diperlukan 110-120 SKS. Setiap mata kuliah memiliki jumlah bobot SKS ynag berbeda-beda. Ada yang berbobot satu SKS hingga paling banyak empat SKS.

3.IPS (Indeks Prestasi Semester)/IP

IPS atau biasanya dikenal IP merupakan hasil rata-rata nilai prestasi dalam satu semester. IP dapat dilihat secara online maupun konvensional, seperti Kartu Hasil Studi (KHS).

KHS mirip dengan raport SMA, hanya saja bentuknya berbeda berupa selembar kertas. Nilai yang diberikan berupa huruf, A sebagai nilai tertinggi, sedangkan E nilai terendah.

4.KTM (Kartu Tanda Mahasiswa)

Kartu Tanda Mahasiswa atau yang biasa disingkat KTM ini berfungsi sebagai tanda pengenal bahwa kamu adalah mahasiswa di suatu perguruan tinggi.

Mahasiswa dapat menggunakan KTM ini untuk memperoleh fasilitas-fasilitas kampus, seperti meminjam buku, meminjam sepeda,syarat memperoleh beasiswa, dan mereka pun dapat memanfaatkan KTM sebagai akses transportasi umum untuk Comuterline dan Busway bagi mahasiswa di Jakarta ataupun UI Depok.

5.IPK (Indeks Prestasi Kumulatif)

IPK itu berisi catatan tiap-tiap mata kuliah dari semester satu hingga semester akhir. Nilai IPK dimulai dari Skala 1,00 (satu koma nol nol) hingga 4,00 empat koma nol nol).



Jika kamu konsisten memiliki IPK 3.50 (tiga koma lima nol) dari awal semester hingga akhir semester, kamu akan dinobatkan sebagai mahasiswa berprestasi dengan predikat cumlaude.

6.SP (Semester Pendek)

SP merupakan program perkuliahan yang dilaksanakan pada saat liburan semester genap. Program ini bertujuan untuk akselerasi (memperpendek masa studi) atau memberikan kesempatan mahasiswa untuk memperbaiki nilai yang tidak mencapai standarisasi.

7.PA (Pembimbing Akademik)/ Dosen Wali

Di SMA kamu mengenal istilah Wali Kelas, nah kalau di kampus namanya PA (Pembimbing Akademik/Penasehat Akademik) atau Dosen Wali.

Tuganya sama dengan Wali Kelas, yaitu memberikan arahan, membimbing, dan membantu mahasiswanya dalam permasalahan yang dihadapi selama aktif studi.

8.UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa)

Unit Kegiatan Mahasiswa atau yang biasa disingkat dengan UKM ini sesungguhnya sama saja dengan istilah ekskul atau extra kurikuler yang dulunya pernah kamu kenal di bangku sekolah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1805 seconds (0.1#10.140)