3 Beasiswa ke Perguruan Tinggi yang Wajib Diketahui Lulusan SMA

Kamis, 13 Juli 2023 - 13:57 WIB
loading...
3 Beasiswa ke Perguruan Tinggi yang Wajib Diketahui Lulusan SMA
3 beasiswa ke perguruan tinggi yang wajib diketahui lulusan SMA agar bisa kuliah gratis. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Beasiswa perguruan tinggi yang wajib kamu ketahui setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA), akan membantu kamu dalam menentukan pilihan. Banyak sekali program beasiswa kuliah yang ditawarkan, baik dari pemerintah maupun swasta.

Beasiswa yang ditawarkan juga menarik, seperti gratis menempuh pendidikan sampai tamat, dan beasiswa potongan biaya pendidikan sampai tamat.

Dengan adanya beasiswa, membuat kita terbantu akan biaya kuliah yang dikeluarkan untuk meneruskan ke perguruan tinggi. Kita berharap beasiswa dapat menjadi salah satu semangat dalam belajar untuk orang yang membutuhkannya.

Mari kita simak lebih lanjut, 3 beasiswa perguruan tinggi yang wajib kamu ketahui sebagai siswa yang baru lulus SMA.

3 Beasiswa ke Perguruan Tinggi untuk Lulusan SMA

1. Kartu Indonesia Pintar (KIP Kuliah)


Beasiswa perguruan tinggi yang wajib kamu ketahui pertama adalah Kartu Indonesia Pintar (KIP Kuliah). KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik, tetapi memiliki keterbatasan ekonomi.

KIP Kuliah sangat membantu seorang lulusan SMA yang ingin melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi.

Cukup mudah mengurus beasiswa yang satu ini, sekarang prosesnya serba online dan tidak memakan waktu. Keunggulan dari beasiswa ini adalah jumlah kuota yang lebih banyak, memberikan akses lebih ke pendidikan vokasi, dan terintegrasi dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di perguruan tinggi.

Baca juga: Ada Batasan Kuota di Unpad, Tak Semua Pendaftar Dapat KIP Kuliah

2. Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI)


BPI Kemendikbudristek merupakan beasiswa dari pemerintah berdasarkan amanat Dewan Penyantun LPDP dan dilaksanakan oleh Kemendikbudristek. Beasiswa ini biasanya dibuka sekitar bulan Mei hingga Juni tiap tahunnya.

Beasiswa ini juga menyediakan bantuan biaya kuliah untuk lulusan SMA yang mau lanjut S1. Misalnya untuk beasiswa Calon Guru SMK, Beasiswa Indonesia Maju untuk lulusan S1 yang berprestasi, Beasiswa Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN), dan Beasiswa Stipendium Hungaricum (Top Up).

Baca juga: Beasiswa Cendekia Baznas 2023 Dibuka, Ini Cara Pendaftarannya

3. Beasiswa Jabar Future Leader


Jika kamu merupakan mahasiswa baru yang telah diterima di 14 perguruan tinggi terakreditasi A di Jawa Barat dan 4 perguruan tinggi akreditasi A luar Jawa Barat, beasiswa ini bisa jadi pilihanmu untuk lanjut kuliah.

Beasiswa Jabar Future Leader sejatinya tak hanya menyediakan beasiswa penuh untuk S1 dan D4 namun juga S2 hingga S3. Beasiswa ini disediakan Pemprov Jawa Barat dan khusus untuk D4-S1 tersedia beasiswa kategori prestasi akademik dan non akademik.

Demikian tiga beasiswa yang patut diketahui lulusan SMA. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.

MG/Zulfa Zakariyya
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1490 seconds (0.1#10.140)