5 Kampus dengan Jurusan Matematika Favorit di Indonesia, Ada yang Terakreditasi Internasional

Jum'at, 14 Juli 2023 - 09:35 WIB
loading...
5 Kampus dengan Jurusan Matematika Favorit di Indonesia, Ada yang Terakreditasi Internasional
5 kampus dengan jurusan matematika favorit di Indonesia. Foto/Dok/Humas UMM.
A A A
JAKARTA - Terdapat sedikitnya lima kampus dengan jurusan matematika favorit di Indonesia. Dari sekian perguruan tinggi , beberapa di antaranya bahkan telah mendapat akreditasi internasional.

Berbicara matematika, istilah satu ini sangat identik dengan hitung-hitungan dan angka. Meski demikian, cukup banyak juga orang yang menyukainya dan punya mimpi untuk kuliah di bidang tersebut.

Pada perkembangannya, telah banyak perguruan tinggi Tanah Air yang membuka jurusan matematika. Dari sekian banyak, beberapa di antaranya berstatus universitas favorit yang banyak diminati calon mahasiswa setiap tahunnya.

Tak hanya itu, deretan jurusan matematika ini juga telah mendapat akreditasi nasional hingga internasional. Berikut sejumlah kampus dengan jurusan matematika favorit di Indonesia.

Baca juga: 3 Perbedaan Jurusan Fisika: Fisika, Teknik Fisika, dan Pendidikan Fisika

Kampus dengan Jurusan Matematika Favorit di Tanah Air

1. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)


Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menjadi salah satu perguruan tinggi populer di Indonesia. Dari sekian banyak jurusan yang dimiliki, mereka juga membuka program studi S1 Matematika dan S1 Pendidikan Matematika.

Kedua prodi tersebut juga banyak diminati para calon mahasiswa baru. Mengutip data SNPMB, peminat program studi Pendidikan Matematika UNY mencapai 693 orang di tahun 2022 (daya tampung 24). Sementara itu, prodi Matematika memiliki peminat 417 orang (daya tampung 24).

Terkait akreditasi, prodi S-1 Matematika dan S-1 Pendidikan Matematika telah mendapat predikat ‘Unggul’ dari BAN-PT. Akreditasi ini telah berlaku sejak 2021 dan akan berakhir 2025 mendatang.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)


Berikutnya ada Universitas Gadjah Mada (UGM). Pada tahun 2022 lalu, program studi S1 Matematika UGM memiliki peminat mencapai 442 orang (daya tampung 24).

Program Sarjana Matematika UGM berada di bawah Departemen Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Gadjah Mada. Terkait akreditasi, mereka telah mendapat predikat Unggul dari BAN-PT. Sertifikat akreditasi ini berlaku sejak 27 Mei 2020 hingga 30 September 2023 mendatang.

Baca juga: IPB Berikan Keringanan UKT untuk Dukung Kelancaran Kuliah Mahasiswa

3. Institut Teknologi Bandung (ITB)


Institut Teknologi Bandung (ITB) juga memiliki program studi S1 Matematika. Mengutip laman resminya, jurusan ini telah memperoleh akreditasi nasional Unggul dari BAN-PT.

Tak hanya itu, prodi Matematika ITB juga sudah mendapat pengakuan internasional dengan mendapat akreditasi ASIIN. Pencapaian ini menegaskan komitmen ITB dalam memenuhi standar kualitas global pada pendidikan matematika.

4. Universitas Negeri Semarang (Unnes)


Berkaitan dengan matematika, Unnes memiliki program studi Matematika serta Pendidikan Matematika. Kedua prodi tersebut telah mendapat akreditasi A dari BAN-PT.

Selain itu, prodi Pendidikan Matematika juga telah memiliki akreditasi internasional (AQAS). Predikat ini masih berlaku sampai 30 September 2027 mendatang.

5. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)


Berikutnya ada Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Pada jenjang S-1, mereka memiliki program studi Pendidikan Matematika serta Matematika.

Melihat akreditasi yang dimiliki, kedua program studi di UPI tersebut telah mendapat predikat ‘A’ dari BAN-PT.

Itulah sejumlah kampus dengan jurusan matematika favorit di Indonesia yang menarik untuk diketahui. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1636 seconds (0.1#10.140)