3 Perbedaan Jurusan Fisika: Fisika, Teknik Fisika, dan Pendidikan Fisika

Kamis, 13 Juli 2023 - 17:36 WIB
loading...
3 Perbedaan Jurusan Fisika: Fisika, Teknik Fisika, dan Pendidikan Fisika
3 perbedaan jurusan Fisika: Fisika, Teknik Fisika, dan Pendidikan Fisika. Foto/Quipper.
A A A
JAKARTA - Selainj urusan kuliah Fisika, terdapat pula beberapa jurusan lain yang menjadi kecabangan prodi fisika . Seperti jurusan Teknik Fisika dan Pendidikan Fisika.

Fisika memang terkenal akan program studi yang identik dengan matematika, dengan banyaknya rumus dan hitung-menghitung di dalamnya. Karena itu jurusan dari prodi ini kerap dipilih olah mereka yang menyukai bidang tersebut.

Saat ini kecabangan dari fisika telah dibagi menjadi beberapa jurusan. Tiga di antaranya ini cukup populer, yakni Jurusan Fisika, Teknik Fisika, dan Pendidikan Fisika.

Perbedaan Tiga Jurusan Fisika


Meskipun sama-sama dari kecabangan ilmu fisika, ketiga prodi ini tetaplah memiliki perbedaan. Berikut ini perbedaan antara Jurusan Fisika, Teknik Fisika, dan Pendidikan Fisika.

1. Fokus Pendidikan


Fokus dari jurusan Fisika adalah mempelajari ilmu tentang materi, energi, ruang, dan waktu. Sehingga mampu untuk menjelaskan fenomena alam secara ilmiah dengan menggunakan hukum-hukum alam.

Sementara Jurusan Teknik Fisika lebih mempelajari ilmu fisika terapan yang berkaitan dengan desain hingga perencanaan hingga konstruksi alat berat. Selain mempelajari dasar-dasar fisika, mahasiswa jurusan ini juga harus menguasai metode numerik, matematika, kimia, hingga konversi energi.

Jurusan Pendidikan Fisika juga mempelajari tentang dasar fisika, namun fokusnya lebih diterapkan ke dalam konteks pendidikan dan pengajaran. Karena itu jurusan ini juga mempelajari metode-metode pembelajaran fisika yang efektif pada siswa.

Baca juga: 5 Kampus dengan Jurusan Teknik Elektro Terbaik di Indonesia Versi BAN PT

2. Mata Kuliah


Meski ketiga jurusan ini sama-sama mempelajari tentang fisika dasar, akan tetap ada sejumlah mata kuliah khusus yang menjadi ciri khas dari sebuah jurusan. Misalnya jurusan Fisika yang memiliki cakupan ilmu fisika yang lebih umum mempelajari fisika medis yang tidak diajarkan pada Jurusan Teknik Fisika dan Pendidikan Fisika.

Kemudian, dari sisi Jurusan Teknik Fisika mempelajari hal-hal yang lebih teknis seperti Konversi Energi, Elektronika Analog Digital,, hingga Pemodelan Probabilitas dan Statistik. Sedangkan untuk mata kuliah khas dari Jurusan Pendidikan Fisika adalah Manajemen Pendidikan.

Baca juga: Kabar Gembira, Doktor FKUI Temukan Teknik Baru Operasi Kebocoran Katup Jantung Anak

3. Prospek Kerja


Prospek kerja Jurusan Fisika ini terbilang tidak begitu luas, sebab para lulusannya akan berfokus pada berbagai penelitian dan menjadi akademisi. Meski begitu, mereka juga dapat berkecimpung di dunia pertambangan atau perminyakan bila memiliki cukup pengalaman.

Kemudian, untuk Jurusan Teknik Fisika lebih berprospek pada industri rekayasa dan konstruksi. Selain itu lulusan Teknik Fisika juga dapat bekerja di sejumlah perusahaan telekomunikasi dan pertambangan.

Sedangkan Jurusan Pendidikan Fisika, prospek kerjanya lebih terfokus pada dunia pendidikan sebagai tenaga pengajar baik itu menjadi guru atau dosen.

Demikian perbedaan antara jurusan Fisika, Teknik Fisika, dan Pendidikan Fisika. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0914 seconds (0.1#10.140)