5 Kampus dengan Jurusan Teknik Elektro Terbaik di Indonesia Versi BAN PT

Kamis, 13 Juli 2023 - 14:50 WIB
loading...
5 Kampus dengan Jurusan Teknik Elektro Terbaik di Indonesia Versi BAN PT
5 kampus dengan jurusan Teknik Elektro terbaik di Indonesia versi BAN PT. Foto/UNS.
A A A
JAKARTA - Jurusan kuliah Teknik Elektro di 5 universitas terbaik di Indonesia bisa menjadi pilihan calon mahasiswa teknik. Tak hanya terakreditasi BAN PT, kelimanya juga memegang akreditasi internasional.

Mempelajari Teknik Elektro di perguruan tinggi tidak akan terlepas dari pelajaran sains dasar dan matematika sehingga mahasiswa akan memiliki dasar pemahaman teoritis dan analisis yang kuat.

Mahasiswa Teknik Elektro di ITB misalnya, juga akan mempelajari elektronika, sistem kendali, teknik komputer, juga sistem telekomunikasi. Kemudian mereka akan mempelajari IoT, IC Design, hingga sistem kendali cerdas.

Lulusan Teknik Elektro tidak butuh waktu lama untuk mendapat pekerjaan sebab insinyur Teknik Elektro banyak dicari industri dalam dan luar negeri, instansi pemerintah, BUMN, mau pun wirausaha dengan membuat perusahaan start-up.

Lulusan Teknik Elektro didesain untuk mampu bekerja secara luwes di berbagai bidang dan industri seperti: PLN/kelistrikan, Migas, industri manufaktur, otomotif sampai pada industri mutakhir seperti industri online, IT, smart systems, industry elektronika maju dan kecerdasan buatan.

Baca juga: 7 Kampus Swasta di Jakarta yang Punya Jurusan Akuntansi Unggul, Gagal PTN Cocok Daftar

Untuk kalian yang ingin kuliah Teknik Elektro di Pulau Jawa, berikut ini lima kampus dengan jurusan Teknik Elektro yang tak hanya sudah terakreditasi Unggul Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), kelimanya juga sudah terakreditasi internasional yang dikutip dari laman masing-masing kampus.

5 Kampus dengan Jurusan Teknik Elektro Terbaik di Indonesia

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Perlu diketahui jika prodi Teknik Elektro merupakan salah satu prodi tertua di UGM malah bahkan di Indonesia. Keunggulan Teknik Elektro UGM adalah sudah terakreditasi internasional ABET (Amerika Serikat) dan IABEE (Indonesia), banyak kerja sama dengan lintas sektoral hingga alumni prodi ini yang sudah banyak menjadi pimpinan di perusahaan ternama.

2. Institut Teknologi Bandung


Program studi Teknik Elektro di ITB dimulai pada 1947 sebagai jurusan teknik. Prodi Teknik Elektro ITB telah memperoleh akreditasi dari Accreditation Board for Engineering Technology (ABET) dan juga Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE).

3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember


Teknik Elektro ITS telah berdiri pada 1960 bersamaan dengan peresmian Perguruan Tinggi Negeri: Institut Teknologi Sepuluh Nopember di Surabaya, oleh Presiden pertama RI Ir. Soekarno.

Teknik Elektro ITS selain memperoleh Akreditasi Unggul BAN PT juga telah memiliki akreditasi internasional ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN QA) dan ASIIN.

Baca juga: 10 Jurusan IPS Sepi Peminat Tapi Dibutuhkan Dunia Kerja, Peluang Karier Cerah

4. Universitas Sebelas Maret


Selain telah memperoleh akreditasi Unggul lembaga akreditasi nasional, Teknik Elektro UNS juga memegang akreditasi internasional “Provisional Accreditation (PA) “ dari IABEE.

Teknik Elektro UNS berdiri sejak 2014 dengan 4 peminatan, yaitu Sistem Energi Listrik, Sistem Isyarat Elektronik, Sistem Mekatronika, dan Sistem Informatika.

5. Universitas Brawijaya


Jurusan Teknik Elektro di Universitas Brawijaya telah berdiri sejak 1978. Adanya proyek Induk Serba Guna Kali Brantas turut menjadi penunjang berdirinya Teknik Elektro di Universitas Brawijaya.

Teknik Elektro Universitas Brawijaya memiliki 3 peminatan yaitu Sistem Tenaga Listrik (STL), Sistem Kontrol dan Elektronik (SKE), dan Sistem Komunikasi dan Informatika (SKI) dan telah terakreditasi Unggul BAN PT dan sertifikasi akreditasi internasional IABEE.

Demikian lima kampus dengan jurusan Teknik Elektro terbaik di Indonesia versi BAN PT. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDONews.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4988 seconds (0.1#10.140)