Ini 15 Jurusan IPS yang Dibutuhkan 5 Tahun ke Depan, Siapkan Yuk Biar Tak Menyesal

Jum'at, 14 Juli 2023 - 10:54 WIB
loading...
Ini 15 Jurusan IPS yang Dibutuhkan 5 Tahun ke Depan, Siapkan Yuk Biar Tak Menyesal
Profesi wartawan yang biasanya memiliki latarbelakang jurnalistik menjadi salah satu jurusan IPS yang diprediksi sangat dibutuhkan 5 tahun kedepan. Foto/Dok Sindonews
A A A
JAKARTA - Ini jurusan IPS yang lulusannya dibutuhkan 5 tahun kedepan. Memang tidak bisa diungkiri lagi bahwa idealisme telah menjadi salah satu pertimbangan penting dalam pemilihan jurusan untuk kuliah tak terkecuali mereka yang berlatar belakang IPS

Hanya saja, tidak ada salahnya pula jika kamu memilih jurusan kuliah berdasarkan prospek ke depannya bukan? Buat kamu yang waktu SMA mengambil jurusan IPS tentu wajib tahu jurusan kuliah mana yang bagus buat masa depan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 15 jurusan IPS yang diprediksi dibutuhkan 5 tahun kedepan.

15 Jurusan IPS yang Dibutuhkan 5 Tahun Kedepan

1.Ilmu Hukum

Ilmu Hukum merupakan jurusan kuliah IPS yang paling banyak diminati, selain karena jurusan yang paling bergengsi dan terlihat mewah, peluang kerja setelah lulus sarjana hukum juga sangatlah luas.

Untuk itu jurusan ini sangat cocok buat kamu. Kenapa sarjana hukum sangat dibutuhkan? Hal ini dikarenakan banyaknya persoalan hukum yang terjadi di setiap keseharian kita Sarjana Hukum juga sangat dibutuhkan di perusahaan-perusahaan besar sebagai ahli atau konsultan hukum.

Dengan banyaknya persoalan hukum di Indonesia yang tidak akan selesai-selesai maka peluang kerja sarjana hukum menjadi sangat luas dan dibutuhkan ketika kamu mencari lowongan kerja.

2.Ekonomi

Hampir semua lapangan pekerjaan membutuhkan para lulusan ilmu ekonomi, baik di sektor swasta maupun pemerintahan. Hal ini dikarenakan jurusan ekonomi mengajarkan skill-skill utama yang dibutuhkan di pasar kerja.



Jadi tidak heran jurusan ekonomi selalu menjadi jurusan populer untuk lulusan IPS dan akan selalu menjadi jurusan yang dibutuhkan kapanpun, baik itu 5 tahun kedepan ataupun 10 tahun kedepannya.

3.Akuntansi

Jurusan Akuntansi memang merupakan salah satu program/jurusan kuliah tertua yang mempelajari tentang perihal keuangan seperti prinsip akuntansi dan teori, akuntansi keuangan, akuntansi manajerial, akuntansi biaya, pengendalian anggaran, dan akuntansi pajak.

Kalau kamu punya daftar passing grade perguruan tinggi se-Indonesia, coba lihat hampir di semua Universitas menempatkan jurusan akuntansi dengan passing grade tertinggi (IPS). Pasalnya, jurusan ini menjanjikan lapangan kerja yang menggiurkan.

4.Bisnis dan Manajemen

Kamu harus mempersiapkan diri untuk bersaing jika memilih jurusan yang satu ini. Karena jurusan bisnis dan manajemen memang sangat dibutuhkan hampir di semua perusahaan, lulusan bisnis dan manajemen ini nantinya dapat ditempatkan di area mana saja, mulai dari manajemen perusahaan, marketing, keuangan, hingga statistik ekonomi.

Tak hanya itu saja, lulusan jurusan bisnis dan manajemen akan dibutuhkan di perusahaan-perusahaan besar untuk membuat kebijakan, merencanakan sumber daya, mengarahkan bisnis secara keseluruhan dan mengimplementasikan strategi.

5.Pendidikan

Saat ini Indonesia memang sedang berusaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Oleh karena itu tenaga ahli dalam bidang pendidikan pun semakin banyak dibutuhkan, terutama 5 tahun kedepan.

Dan jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, tunjangan untuk tenaga kerja di bidang pendidikan juga semakin membaik. Perlu diketahui bahwa menjadi seorang pengajar merupakan pekerjaan yang sangat terhormat serta mulia, bahkan banyak orang menyebut profesi pekerjaan ini dan sering juga di sebut dengan pahlawan tanpa tanda jasa.

6.Psikologi

Psikologi adalah ilmu yang mempelajari pikiran, kebiasaan dan interaksi, termasuk segala aspek pengalaman manusia. Digambarkan sebagai “ilmu cabang”, Psikologi berkaitan ke riset dan perspektif dari ilmu sosial, ilmu alam, kesehatan dan humaniora, seperti filosofi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2601 seconds (0.1#10.140)