Pusing Daftar Kuliah, Ini Tips Memilih Jurusan Agar Tak Menyesal ke Depan

Jum'at, 14 Juli 2023 - 19:15 WIB
loading...
Pusing Daftar Kuliah, Ini Tips Memilih Jurusan Agar Tak Menyesal ke Depan
Memilih jurusan kuliah adalah sesuatu yang sangat penting bagi calon mahasiswa karena hal akan berpengaruh terhadap masa depan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Sejumah tips cara memilih jurusan kuliah yang tepat untuk diri sendiri ini perlu disimak calon mahasiswa. Memilih jurusan kuliah adalah sesuatu yang sangat penting.

Karena hal tersebut pasti akan memengaruhi masa depan kalian. Oleh sebab itu, kalian harus hati-hati dan penuh perhitungan dalam memilih jurusan kuliah.Karena kalau salah memilih jurusan, akan berakibat fatal bagi masa depan kamu. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kalian lakukan sebelum memilih jurusan kuliah

Tips Cara Menentukan Jurusan Kuliah yang Cocok dengan Diri Sendiri

1.Cari Tahu Passion Kalian

Sebelum menentukan jurusan kuliah yang diinginkan, kalian harus mengetahui terlebih dahulu passion kalian. Passion adalah sesuatu yang dilakukan secara sukarela dan penuh keikhlasan. Secara sempit, passion dikenal sebagai sesuatu yang sangat disukai seseorang. Itu sebabnya, biasanya, passion dapat berasal dari hobi atau kesukaan seseorang.

2.Memilah dan Memilih

Setelah kalian mendapatkan seluruh informasi terkait jurusan-jurusan yang termasuk dalam daftar, saatnya untuk memilah dan memilih.Cara menentukan prioritas utama adalah dengan memilih jurusan yang paling ingin kalian pelajari karena sesuai dengan minat dan bakat.



Atau bisa juga karena sesuai dengan cita-cita kalian, atau sejalan dengan nilai-nilai dan prinsip-prinsip pribadi, atau karena prospek karir yang bagus. Apa pun alasannya, tentukan prioritas

3.Pilihlah Beberapa Jurusan

Setelah kalian menemukan passion, maka mulailah menentukan jurusan. Tapi, jangan hanya memilih satu jurusan ya! Buatlah daftar yang terdiri dari beberapa pilihan jurusan yang sekiranya akan kalian sukai atau nikmati. Tulislah minimal lima jurusan. Lebih banyak, lebih baik.

4.Pelajari Jurusan-jurusan yang Sudah Dipilih

Setelah membuat satu atau dua atau lebih daftar jurusan yang dikehendaki, kalian bisa mulai meneliti dan mempelajari setiap jurusan dalam daftar-daftar tersebut.

Cari tahu mengenai mata kuliah apa saja yang akan dipelajari, berapa lama waktu untuk menyelesaikan kuliah dengan jurusan tersebut, apa saja yang harus dipersiapkan, dan sebagainya.

5. Berdiskusi dengan Orang Tua atau Guru

Langkah ini akan sangat berguna bagi kalian yang masih dibiayai sekolah oleh orang tua. Dengan begitu, kalian bisa mengemukakan jurusan-jurusan pilihan kalian beserta perencanaan bayarannya per semester.

Bagi yang hendak bersekolah di luar kota atau luar pulau pun pastinya juga harus membicarakan terkait biaya hidup kan? Jadi, jangan segan untuk berdiskusi dengan orang tua kalian.

6. Hindari Mengikuti Orang Lain

Jangan memilih jurusan hanya karena bestie kalian juga memilih jurusan itu,ya! Atau jangan memilih jurusan karena gengsi melihat mantan pacar berhasil masuk ke jurusan itu!

Pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat, bakat dan kemampuan kalian. Ingat, setiap orang memiliki kemampuan dan kapasitas yang berbeda-beda. Bestie kalian mungkin mampu mengikuti setiap mata kuliah dalam jurusan psikologi, tapi belum tentu kalian juga mampu.

7. Pilihlah Kampus yang Tepat

Kampus yang tepat maksudnya adalah kampus yang memiliki jurusan pilihanmu dengan mata-mata kuliah yang kalian minati.
Untuk itu, kalian juga bisa mencari tahu terkait kampus idaman dari para alumni. Cari tahu tentang dosen-dosen yang mengajar, serta apa saja yang akan dipelajari.



Ingat! Kata kuncinya adalah tepat, bukan populer. Kampus populer tidak selalu menjamin kesuksesan kalian. Sebab, yang menentukan kesuksesan tersebut adalah diri sendiri.

8. Buatlah Perencanaan Waktu

Jika kalian pekerja penuh atau paruh waktu, maka kalian harus mencari kampus yang menyediakan kelas malam, online, atau kelas karyawan.

Jangan sampai perkuliahan kalian menjadi terbengkalai hanya karena manajemen waktu yang salah. Maka dari itu, perencanaan waktu juga sangat penting.

Misalnya, kalian mengambil kelas khusus yang dimulai pada pukul enam sore dan berakhir pada pukul sembilan malam, karena di pagi hari kalian bekerja. Atau sebaliknya.

9. Ikuti Tes Kepribadian dan Minat Bakat

Cara menentukan jurusan kuliah yang cocok dengan diri sendiri yang terakhir adalah mengikuti tes-tes kepribadian atau minat bakat.Kalian bisa mencoba tes-tes khusus yang disediakan oleh lembaga-lembaga dengan tenaga ahli yang sudah profesional, jika menginginkan hasil yang sangat akurat.

Tapi, kalian juga bisa mencoba tes-tes gratis yang dapat ditemukan di internet.Apa pun jenisnya, semua tes tersebut setidaknya dapat membantu kalian menemukan jati diri serta minat dan bakat. Nantinya, kalian bisa menyesuaikan hasil tersebut dengan jurusan-
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4317 seconds (0.1#10.140)