7 Universitas Keguruan Favorit di Indonesia, Pencetak Guru Berkualitas

Sabtu, 15 Juli 2023 - 10:29 WIB
loading...
7 Universitas Keguruan Favorit di Indonesia, Pencetak Guru Berkualitas
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menjadi salah satu universitas keguruan favorit yang bisa menjadi referensi kamu yang bercita-cita menjadi guru. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Sejumlah universitas keguruan terbaik ini bisa menjadi referensi kamu yang bercita-cita menjadi guru . Menjadi pengajar atau guru menjadi impian banyak calon mahasiswa. Untuk merealisasikan impian menjadi guru itu saat ini kamu pasti lagi sibuk mencari informasi mengenai perguruan tinggi mana yang cocok untuk kamu mendaftar setelah lulus

Sebenarnya, di Indonesia sendiri ada banyak kok universitas-universitas terbaik pencetak guru yang berkualitas, baik itu universitas negeri atau swasta. Di perguruan tinggi ini juga memiliki program studi pendidikan untuk menjadikan mahasiswanya guru yang bermutu.Dirangkum dari berbagai sumber, ini 7 universitas keguruan favorit yang bisa menjadi referensimu.

7 Universitas Keguruan Terbaik di Indonesia yang Bisa Jadi Pilihan Mahasiswa

1.Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan salah satu universitas favorit di daerah Yogyakarta. Universitas ini mempunyai 9 fakultas dan 102 program studi. Berdasarkan keputusan BAN-PT, UNY telah ditetapkan sebagai universitas dengan akreditasi A.

2. Universitas Negeri Malang (UM)

Universitas Negeri Malang, disingkat UM, merupakan satu dari sekian perguruan tinggi favorit di Kota Malang. Universitas Negeri Malang didirikan pada tahun 2008. Universitas ini juga masuk dalam kampus terbaik versi Kemenristekdiki dan memiliki 8 fakultas dan 108 program studi. UM juga sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT.


3. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Universitas Pendidikan Indonesia atau yang lebih dikenal UPI adalah kampus berbasis keguruan yang berlokasi di Kota Bandung, kampus ini menganut sistem multikampus yaitu dengan 6 kampus yang tersebar di dua provinsi (Jawa Barat dan Banten). UPI sendiri memiliki 8 fakultas dan memiliki program pascasarjana. UPI juga tela mendapat akreditasi A dari BAN-PT

4. Universitas Negeri Semarang (UNNES)

Universitas Negeri Semarang atau UNNES terdiri dari 13 fakultas dan 91 program studi. Bahkan, 56 program studi di kampus ini juga sudah terakreditasi A.Kampus utamanya terletak di daerah Sekaran (Gunungpati), wilayah selatan Kota Semarang, sementara kampus lainnya terletak di Ngaliyan, Kelud dan Kemandugan, Tegal, Jawa Tengah.

5. Universitas Negeri Surabaya (UNESA)

Universitas yang lebih akrab disebut dengan UNESA ini berdiri pada 19 Desember 1964. Pada awalnya Unesa bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Surabaya dan statusnya berubah meningkat menjadi Universitas secara resmi pada 1999.
UNESA memiliki 7 fakultas dan 89 program studi.



Bahkan sejak tahun 2019, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam di UNESA sudah memiliki 4 program studi yang telah melaksanakan program kelas internasional. Berdasarkan keputusan BAN-PT, UNESA telah mendapatkan akreditasi A.

6. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Berlokasi di ibu kota, kampus ini terkenal memiliki reputasi yang baik dan menjadi favorit di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Dijuluki sebagai kampus pergerakan, sejauh ini UNJ telah memiliki 8 Fakultas dan 58 jurusan. UNJ telah mendapatkan akreditasi Unggul setara A dari BAN-PT.

7. Universitas Negeri Makassar (UNM)

Universitas Negeri Makassar disingkat UNM merupakan kampus berbasis Pendidikan terbaik di wilayah Indonesia Timur. UNM adalah universitas yang mempunyai berbagai fasilitas umum yang bisa dibilang sudah cukup lengkap untuk mendukung perkuliahanmu.

Beberapa di antaranya antara lain Poliklinik, Auditorium, tempat ibadah, asrama mahasiswa, sarana olahraga dan kesenian, kafetaria, toko, koperasi, dan sebagainya. Universitas ini memiliki 14 fakultas dan 84 program studi dengan akreditasi A.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1807 seconds (0.1#10.140)